Ini Cara Ngemil Sehat untuk Diet – Palu Ekspres
Kesehatan

Ini Cara Ngemil Sehat untuk Diet

Ilustrasi google image

PALU EKSPRES, JAKARTA – Lupakan makan berat tiga kali sehari. Konsep tersebut sudah out of date untuk menurunkan berat badan. Dalam National Obesity Forum, Prof David Haslam memaparkan konsep yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

’’Ganti makan tiga kali sehari porsi banyak dengan makan dalam porsi kecil tapi sering, bisa makanan ringan atau buah-buahan dalam intensitas yang sering,’’ ucapnya.

Haslam mengemukakan, konsep makan tiga kali sehari sudah ketinggalan zaman. Di tengah kesibukan bekerja dan tetap mendapatkan berat badan yang ideal, kita sangat bisa makan camilan sehat dalam intensitas sesering mungkin.

Misalnya dengan camilan yang terbuat dari sayuran, itu akan mengoptimalkan system metabolisme tubuh yang membutuhkan asupan nutrisi dalam aktivitas yang padat.

Namun yang perlu digarisbawahi, camilan yang dipilih harus benar-benar sehat. Misalnya olahan sayuran, buah-buahan seperti smoothies atau snack yang terbuat dari oat dan mempunyai kandungan gula yang rendah.

Banyak orang tidak menyadari pentingnya menjaga energi dalam beraktivitas dengan camilan sehat seperti itu. ’’Jangan pilih keripik atau cokelat, camilan yang kami maksud benar-benar yang terbuat dari sayur dan buah,’’ paparnya.

Pemilihan jenis camilan sangat mempengaruhi dinamika berat badan. Banyak penelitian membuktikan, pemilihan camilan yang salah adalah penyebab utama obesitas.

Misalnya di Academis Medical Centre, Amsterdam yang menemukan bahwa mengkonsumsi camilan kaya lemak dan gula mengakibatkan kenaikan berat badan dan kandungan kolestrol dalam darah.

Pun dengan ahli nutrisi dari University of Glasgow Prof Mike Lean yang mengatakan kebiasaan mengemil makanan berlemak dan tinggi gula harus dihindari sedini mungkin karena tidak mempunyai benefit.

’’Pilihlah sayur dan buah kaya serat untuk camilan dan anda akan merasa kenyang lebih lama,’’ imbuh Haslam.

(dailymail/ina)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!