Ini Bahaya Minum Sambil Berdiri, Efeknya Nanti – Palu Ekspres
Kesehatan

Ini Bahaya Minum Sambil Berdiri, Efeknya Nanti

PALU EKSPRES, JAKARTA – Anda pastinya sudah seringkali mendengar anjuran yang menyebutkan bahwa konsumsi 2 liter air setiap harinya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun pernahkah Anda mendengar anjuran yang menyebutkan tentang bahaya minum air dengan posisi berdiri?

Anjuran ini pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam hadis yang berbunyi “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang minum sambil berdiri. Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” ” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Jika belum, berikut yang perlu Anda ketahui tentang hal ini:

1. Minum air sambil berdiri dapat menyebabkan radang sendi

Kebanyakan orang melakukannya, namun tidak menyadari bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan radang sendi di kemudian hari. Minum dengan posisi disebut mengganggu keseimbangan cairan pada tubuh dan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada sendi.

2. Merusak sistem pencernaan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa minum dalam posisi berdiri dapat menyebabkan cipratan pada dinding perut. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem pencernaan.

3. Anda tetap haus

Dahaga Anda tidak akan terpenuhi selama Anda minum dalam posisi berdiri. Anda merasa ingin selalu minum dan minum lagi. Cobalah untuk duduk dan teguk air minum Anda secara perlahan dan lihat perbedaannya.

4. Mengganggu fungsi ginjal

Minum dalam keadaan berdiri tidak membantu proses penyaringan air pada ginjal. Terkadang, kotoran akan tersisi di ginjal dan kantung empedu, hal ini dapat memicu gangguan pada saluran kencing atau bahkan kerusakan pada ginjal secara permanen.

5. Menyebabkan asam lambung dan heartburn

Minum dalam posisi berdiri menyebabkan bagian bawah esofagus tereksos pada air. Hal ini dapat mempengaruhi sendi yang menghubungkan perut dan esofagus, memicu terjadinya heartburn.

6. Saraf menegang

Ketika Anda minum sambil berdiri, hal ini dapat mengaktifkan “fight and flight system” yang kemudian menyebabkan terjadinya tensi pada saraf. Jika Anda duduk saat mengkonsumsi air, maka yang diaktifkan oleh tubuh adalah “rest and digest system” yang manan membantu menenangkan kesadaran Anda dan membantu proses pencernaan.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!