Ini Bahaya Diabetes Ketika Tak Terdeteksi – Palu Ekspres
Kesehatan

Ini Bahaya Diabetes Ketika Tak Terdeteksi

PALU EKSPRES, JAKARTA – Seperti diberitakan sebelumnya, selain diabetes gestasional (diabetes yang dialami ibu hamil) ada dua tipe diabetes yang terjadi pada manusia, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimune yang artinya disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang salah sasaran menyerang bagian tubuh lain. Pada tipe 1, sistem kekebalan tubuh, sistem kekebalan tubuh justru menyerang beta sel yang berfungsi memproduksi insulin di dalam pankreas.

Berbeda dengan tipe 1, Diabetes tipe 2 penderita diabetes tipe ini justru kehilangan responnya akan insulin atau disebut dengan nama resistensi insulin.

Nah yang perlu disadari adalah, ketika kondisi ini dibiarkan tanpa perawatan atau berlangsung tanpa terdeteksi, dapat menyebabkan komplikasi yang berakhir fatal bagi penderita. Berikut bahaya diabetes yang perlu disadari sebelum terlambat:

1. Menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah
2. Merusak fungsi ginjal
3. Menyebabkan kerusakan pada mata yang dapat berbuntut kebutaan
4. Memperlambat proses penyembuhan luka dan picu amputasi
5. Meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke
6. Menyebabkan kerusakan pada saraf

Anda tipe orang yang gemar konsumsi makanan dan minuman manis, banyak duduk dam jarang berolahraga, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kadar gula darah Anda. Perubahan gaya hidup di awal dapat mencegah kompikasi di kemudian hari.

(ruf/fajar)

Sumber: Express.co.uk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!