Industri Asuransi Roda Empat Melesat 15 Persen – Palu Ekspres
Ekonomi

Industri Asuransi Roda Empat Melesat 15 Persen

PALU EKSPRES, SURABAYA – PT Asuransi Astra Buana mendulang kenaikan pendapatan premi sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Regional Manager Area Jawa Timur dan Indonesia Timur PT Asuransi Astra Buana Suwasis Pramundito mengatakan, tahun ini industri asuransi roda empat lebih optimistis dengan raihan pertumbuhan premi 10-15 persen.

”Kondisi ekonomi mulai membaik. Penjualan kendaraan roda empat juga membaik di kuartal pertama,” ujarnya setelah penyerahan hadiah Toyota All New Sienta undian program perpanjang asuransi di Surabaya, Senin (15/5).

Total premi dari pembayaran kredit sekitar Rp 45 miliar selama kuartal pertama. Sedangkan premi dari pembayaran tunai Rp 6,5 miliar.

”Kalau untuk pembayaran kredit, kan kami ada kerja sama secara B-to-B (business-to-business) dengan perusahaan induk. Kami ingin kejar pendapatan premi dari pembayaran tunai karena memang masih minim jumlahnya,” urai Suwasis.

Selama ini, kontribusi pembelian kredit untuk kendaraan roda empat 75–80 persen. Sisanya, pembelian kendaraan roda empat dilakukan secara tunai.

Untuk pembelian kredit, pelanggan otomotis membeli asuransi kendaraan sekaligus.

”Kalau tunai, kan, terserah pelanggan mau membeli asuransinya atau tidak. Nah, selama ini hanya sepuluh persen dari pembelian kendaraan secara tunai yang diasuransikan,” terangnya.

Pihaknya pun bekerja sama dengan Auto2000 untuk mengadakan program gratis asuransi Astra selama tiga bulan pertama pembelian secara tunai.

Setelah gratis selama tiga bulan, pembeli ditawari untuk memperpanjang asuransi selama setahun dengan iming-iming undian berhadiah.

”Program tersebut berhasil mengerek pendapatan premi dari pembelian kendaraan secara tunai, dari sepuluh persen menjadi 18 persen,” paparnya.

Target tahun ini, pendapatan premi dari pembelian tunai bisa meningkat menjadi 20 persen.

Premi Asuransi Astra dari pembelian mobil secara tunai pun naik 25 persen pada kuartal pertama tahun ini bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

(vir/c11/sof)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!