IKA Untad Bakal Gelar Rakernas – Palu Ekspres
Pendidikan

IKA Untad Bakal Gelar Rakernas

PALU EKSPRES, PALU – Pengurus Ikatan Alumni Universitas Tadulako berencana menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dalam waktu dekat. Rencana tersebut muncul dalam rapat pengurus yang dirangkai kegiatan buka puasa bersama di Kedai Rahmat Jalan Tanjung Tururuka, Minggu (11/6).

Hadir dalam rapat, di antaranya Sekjen IKA Untad Dr Muzakir Tawil,Direktur executive Dr Tutang Kamaludin, dan Direktur Keuangan Dr. Vitayanti, serta sejumlah presidium antara lain ; M Tasrif Siara, Eko Jokololeno, Arifin sunusi dan Nur Sangadji.

Rakernas tersebut dinilai penting, karena banyak hal yang ingin dilaksanakan oleh IKA Untad baik kepada masyarakat maupun internal ke Untad sendiri. Dalam rakernas akan dirinci program prioritas per bidang, waktu pelaksanaan, lokasi dan anggaran yg dibutuhkan.

Beberapa isu menarik mencuat.
Misalnya untuk pengabdian kepada masyarakat, Dr. Rostiati dan Dr. Ahlis mengusulkan untuk membangun sebuah kawasan percontohan pemukiman ramah lingkungan. Perlu diingat bahwa saat diresmikan menjadi negeri, universitas Tadulako mempunyai pola ilmiah pokok,,Lingkungan Hidup dan Permukiman..

Kegiatan ini bisa disinergikan dgn berbagi program external. Misalnya, wilayah percontohan kawasan kota tanpa Kumuh yang tengah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palu. Atau desa konservasi yg ada di kabupaten Sigi..

Sementara pengabdian kepada civitas akademika, Mansur Ba’adi yg juga adalah direktur eksekutive KADIN Sulteng, memberi contoh seperti pengembangan soft skill dan karakter. “Sebagai anggota IKA, ujarnya, kita tidak hanya kerja-kerja di kampus tetapi di luar kampus. Ini selain pengabdian, juga sebagai ibadah kita di luar,” ungkap Mansur yg menangani bidang kerja Sama dlm kepengurusan IKA UNTAD.

Dia juga menawarkan pengembangan kerjasama di bidang perdagangan dengan provinsi Jawa Timur di mana beliau berpisisi sebagai kepala pereakilannya.

Dalam rapat itu juga mencuat soal kondisi IKA Untad oleh pihak tertentu yang dianggap terkesan eksklusif. Hanya dimiliki segelintir orang. “Padahal IKA Untad adalah milik semua alumni, bukan milik orang-orang tertentu saja,” kata Arifin Sunusi yang membeberkan kesan itu di rapat. Makanya dia mengagas untuk segera dilaksanakan rakernas.

Sekjen IKA Untad Dr Muzakir Tawil menepis anggapan eksklusif itu dalam rapat. “Pengurus ini relatif baru terbentuk dan belum melakukan apa apa kok. Jadi, apanya yg eksklusif, Wong, kegiatanya aja baru dimulai,, Sekarang ini, sambil membenahi kelengkapan kesekratariatan, kita isi kegiatan IKA dengan membuat diskusi-diskusi ilmiah dua kali sebulan di sekretariat,” ujar Mujakir. Topiknya selalu aktual berkait problematika pembangunan di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah.

Dalam waktu dekat akan segera dilakukan pembentukan IKA Cabang di Fakultas dan Kabupaten Kota di Indonesia. Dengan terbentuknya Ika cabang nanti, kesan negatif akan buyar dgn sendirinya karena peran terbagi hingga ke pelosok tanah air.

(aaa/Palu Ekspres)

 

Click to comment

BERITA POPULER

To Top