IBI Sulteng Gelar Pemeriksaan Gratis Deteksi Kanker Rahim – Palu Ekspres
Palu

IBI Sulteng Gelar Pemeriksaan Gratis Deteksi Kanker Rahim

PALU EKSPRES, PALU – Ikatan Bidan Indonesia Sulawesi Tengah pukul 10.00 wita ini menggelar pemeriksaan gratis Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Nasional kepada ibu-ibu warga Perumahan Citra Pesona Indah, Dayodara, Palu, 5 Juli 2017.

Pemeriksaan IVA adalah salah satu cara deteksi dini kanker mulut rahim yang diindikasikan sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi kepada perempuan yang telah menikah atau telah berusia di atas 35 tahun.

Ketua IBI Sulteng, Mardiani Mangun S.iT, M.PH mengatakan kegiatan pemeriksaan IVA gratis untuk masyarakat. Namun kali ini dirangkaikan untuk memperingati HUT IBI ke 66 sekaligus Hari Bidan Sedunia. Kesempatan itu juga di launching Posyandu IBI Jabal Nur yang lokasinya berada di sekretariat IBI Sulteng di jalan Dayodara.

Menurut Mardiani, lokasi posyandu sengaja berada di kawasan perumahan agar lebih mudah menjangkau masyarakat dan dekat dengan keseharian mereka.

Pemeriksaan dengan IVA ini lebih murah dan mudah dibandingkan dengan beberapa cara mendeteksi dini kanker mulut rahim, seperti Pap Smear, Biopsi, dan Koloskopi. “Dengan IVA hanya menggunakan asam asetat dengan alat yang hanya sebesar lidi yang di sentuhkan di permukaan vagina dan langsung ditunggu hasilnya.

(aaa/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!