Hotel Mercure dan Rujab Siranindi Gala Dinner Sail Tomini – Palu Ekspres
Daerah

Hotel Mercure dan Rujab Siranindi Gala Dinner Sail Tomini

 

PALU – Hingga saat ini panitia Sail Tomini provinsi belum dapat memastikan tempat pelaksanaan gala diner sebagai salah satu rangkaian acara Sail Tomini 2015. Namun, pihak provinsi sudah menyiapkan dua tempat bagi Presiden RI, Menteri, Duta Besar, Gubernur dan para Bupati Walikota itu makan malam yaitu di Hotel Mercure dan rumah jabatan Gubernur di Siranindi. “Belum ada keputusan gala diner dilaksanakan dimana, tapi yang sudah disiapkan saat ini, yaitu di hotel Mercure dan rujab Siranindi,”kata Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Sudarto SH Mhum ketika memimpin rapat koordinasi bidang akomodasi, transportasi, konsumsi dan publikasi Sail Tomini di ruang Polibu kantor Gubernur, Senin (24/8).

Meski belum ada keputusan soal tempat gala diner, Sudarto meminta panitia yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan gala diner tersebut tetap mempersiapkan dua tempat tersebut, terutama menu makanan yang akan disajikan kepada para tamu Sail tersebut. “Yang paling penting juga pada saat gala diner itu harus ada penampilan kesenian budaya. Tolong Kadis Pariwisata Provinsi siapkan tarian yang bagus, karena ini ditonton banyak tamu dan pejabat negara, jangan sampai yang kita tampilkan memalukan,”tegasnya.

Pada rapat koordinasi itu juga ikut dibahas mengenai transportasi yang akan digunakan para tamu Sail Tomini. Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten menyatakan telah menyiapkan sekitar 25 unit bus bantuan Kementerian Perhubungan RI untuk mengangkut para tamu. 10 unit akan ditempatkan di Palu, 10 unit di Parigi dan 5 unit mobile di Parigi. “25 bus ini akan tiba di Parigi Moutong sekitar tanggal 13 September setelah Festival Boalemo,”kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Parimo, Zulfinasran SSTP yang juga ikut hadir dalam rapat koordinasi itu.

Zulfinasran juga memaparkan kesiapan Dinas Perhubungan mengatur lalulintas kendaraan pada saat acara puncak Sail Tomini “Sesuai hasil koordinasi dengan Polres Parimo, pada saat hari H, jalan menuju ke lokasi Sail Tomini akan ditutup untuk umum,”ungkapnya. Khusus kendaraan tamu VVIP, disiapkan tempat parkir di lokasi Sail. Sementara, bagi tamu undangan umum lainnya, pihaknya menyediakan 2 unit bus yang siap mengangkut antar jemput tamu dari tempat parkir menuju lokasi Sail. “Ini kami lakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di depan lokasi Sail Tomini,”ujarnya

Terkait kendaraan tamu VVIP, termasuk rombongan Presiden RI yang dijadlakan akan hadir, Kabag Protokoler Biro Humas Provinsi, Haris Kariming mengatakan, sesuai pengalamannya pada saat mengatur kunjungan Presiden RI Kabupaten Luwuk beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten tetap diminta menyiapkan sekitar 14 kendaraan mulai dari jenis Land Cruiser, Alpard, Fortune dan Inova. “Khusus Land Cruiser dan Alpard itu dua unit akan kami bawa dari Palu. Ada juga mobil anti peluru, itu akan dibawa khusus dari Jakarta. Semua kendaraan ini harus berwarna hitam,”kata Haris. Wagub Sudarto meminta sejak saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Parimo mulai menyiapkan kendaraan tersebut, sehingga pada saat hari H tidak kasak kasuk. “Kalau tidak ada di Parigi, bisa dipinjam di Palu,”katanya.

Sementara itu, khusus bidang akomodasi, pemerintah provinsi sudah menyiapkan sekitar 47 hotel berbintang dengan kapasitas 2.021 kamar ditambah hotel melatih yang jumlahnya mencapai ratusan “Semua hotel ini sebagian sudah ada yang booking dari lembaga, Kementerian maupun perorangan. Makanya kami butuh dukungan dari pak Wakil Gubernur melalui surat agar hotel yang sudah dibooking ini, terutama hotel Mercure supaya dikosongkan dulu, karena akan diatur melalui satu pintu,”ujar Kadis Pendapatan Provinsi Sulawesi Tengah yang bertanggungjawab penuh terhadap bidang akomodasi Sail Tomini.

Wagub Sudarto mengatakan, soal akomodasi ini harus menjadi perhatian serius panitia.Jangan sampai ada Menteri atau Gubernur yang tidak kebagian tempat “Tolong rapat berikutnya diundang para pemilik hotel ini. Masalah akomodasi ini harus dikoordinasikan dengan baik, jangan sampai ada Menteri atau Gubernur tidak dapat tempat nginap,”tegasnya. Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Parimo, H Badrun Nggai ikut memaparkan kesiapan panitia Sail ditingkat Kabupaten, diantaranya home stay termasuk sarana pendukung, seperti warung makan dan fasilitas bagi tamu yang akan datang ke acara Sail Tomini. “Nanti kami akan buat baliho dimana saja lokasi warung makan, agar tamu bisa dengan mudah mengakses fasilitas yang disediakan,”ujarnya.

Pada rapat tersebut, hanya bidang publikasi dan konsumsi yang belum banyak dibahas.
Rencananya, rapat koordinasi final cek kesiapan bidang akomodasi, transportasi, konsumsi dan publikasi itu akan kembali digelar tanggal 31 Agustus mendatang. (humas pemda)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top