Horee…Mudik 2017 Jakarta-Semarang Bisa Lewat Tol – Palu Ekspres
Nasional

Horee…Mudik 2017 Jakarta-Semarang Bisa Lewat Tol

PALU EKSPRES, JAKARTA – Pemerintah menargetkan Tol Transjawa yang menghubungkan Jakarta dengan Pulau Jawa rampung pada 2018. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan, progres pengerjaan sejumlah proyek tol mengalami peningkatan yang signifikan.

Tol Semarang-Solo misalnya, proses pembebasan lahannya diketahui telah rampung.”Pembebasan (tanahnya) sudah beres 100 persen,” kata Basuki ketika meninjau proyek tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (7/4).

Khusus untuk Bawen-Salatiga, pekerjaan yang paling berat adalah meratakan tumpukan tanah perbukitan agar bisa mencapai grade jalan raya.

Tumpukan tanah setinggi 17 meter harus diratakan agar pembetonan jalan bisa dilakukan. Sekitar 250 ribu meter kubik tanah harus dipindahkan atau dikeruk dengan kecepatan 8.000 meter kubik per hari.

“Targetnya, 15 Mei ini sudah rata semua. Lebaran nanti mudah-mudahan bisa selesai disemen, walaupun belum rigid (beton keras). Sudah ada pagar, penerangan, agar bisa dilalui mobil,” terang Basuki.

Ia memang menargetkan ruas tol Bawen-Salatiga bisa beroperasi fungsional untuk musim mudik Lebaran 2017. Kendala utama penyelesaian ruas tol ini adalah faktor cuaca yang menyulitkan pekerja untuk melakukan pengerukan.

“Soal Lebaran, Jakarta-Semarang tembus. Dirjen (Bina Marga) sudah mengawasi terus, kami upayakan habis-habisan untuk bisa dipakai mudik,” ucapnya.

Untuk memastikan kelancaran pembangunan tol Semarang-Solo, ia berjanji akan kembali meninjau awal Mei bulan depan untuk mengecek perkembangan pembangunan tol.

“Saya cek semua lagi awal Mei. Untuk Bawen-Salatiga, beroperasi penuh di akhir 2017. Tarifnya belum dihitung, kita uji kelayakan dulu jika rigidnya sudah selesai,” terangnya.

(nif/rmol/mam/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!