Hindari Mata Nyeri dan Lelah akibat Kelamaan di Depan Komputer dengan Tips Berikut – Palu Ekspres
Kesehatan

Hindari Mata Nyeri dan Lelah akibat Kelamaan di Depan Komputer dengan Tips Berikut

PALU EKSPRES, JAKARTA – Di era modern ini, hampir semua jenis pekerjaan melibatkan penggunaan komputer di dalamnya.

Perlu di sadari bahwa mereka yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer, adalah mereka yang rentan terkena masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup ke depannya.

Mereka yang duduk lebih dari berjam-jam jam di depan komputer (juga mereka yang menatap gadget) setiap harinya adalah mereka yang rentan terkena Computer Vision Syndrome atau disingkat CVS. Adapun gejala yang ditunjukan oleh CVS adalah rasa nyeri dan kelelahan pada.

Tidak ingin ini terjadi pada Anda berikut tips terhindar dari CVS seperti diambil dari FitHacker.me:

1. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan sangat penting untuk menghindari CVS. Pastikan cahaya yang dipancarkan komputer Anda adalah setangah dari cahaya di sekitar ruangan Anda.

2. Setting font

Pastikan font yang Anda gunakan di perangkat PC Anda adalah medium atau large. Membaca tulisan yang terlalu kecil dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

3. Jangan lupa berkedip

Kurang berkedep selama bekerja di depan komputer dapat menyebabkan iritasi dan mata kering. Banyak-banyaklah berkedip untuk menjaga kelembaban bola mata. Menggunakan cairan tetes mata juga sangat dianjurkan.

4. Istirahat yang cukup

Duduk berlama-lama dapat membuat mata lelah dan menyebabkan lingkaran hitam di area mata. Istirahatlah beberapa kali dibarengi dengan merenggangkan tubuh.

5. Gunakan perangkat mata khusus

Gunakan kacamata komputer yang khusus didesain untuk mengurangi mata kering.

6 Olahraga mata

Untuk mengurangi lelah pada mata, istirahatkan mata 20 detik dari layar komputer dan liat objek di kejauhan. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

(ruf/fajar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top