Hindari 4 Jenis Makanan Ini kalau Mau Awet Muda – Palu Ekspres
Kesehatan

Hindari 4 Jenis Makanan Ini kalau Mau Awet Muda

PALU EKSPRES, JAKARTA – Baik pria maupun wanita, tentu ingin terlihat awet muda. Saat menginjak usia tua, tubuh akan mengalami banyak perubahan, seperti kulit menjadi keriput dan muncul flek hitam di wajah. Beberapa orang menjalani perawatan anti-aging di pusat kecantikan untuk menghambat perubahan tersebut dan tetap awet muda.

Tidak ada yang salah dengan pilihan itu. Namun meski Anda rajin merawat diri, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan setiap hari.

Untuk menghambat penuaan dini, hindari beberapa jenis makanan di bawah ini seperti dilansir dari klikdokter.com:

1. Makanan tinggi gula.

Konsumsi gula atau makanan manis secara berlebihan bisa mengaktifkan proses yang disebut dengan glikasi. Molekul gula yang berlebihan akan menyatu dengan protein dan membentuk advanced glycation end products.

Proses ini akan menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal. Akibatnya kulit menjadi kendur dan tak lagi kenyal.

2. Makanan olahan.

Sosis, daging kaleng, dan makanan olahan lainnya sering menjadi ‘penyelamat’ saat lapar menyerang. Namun makanan dan daging olahan semacam ini mengandung berbagai pengawet yang dapat memicu peradangan di kulit, dan mempercepat proses penuaan. Bila ingin awet muda, Anda bisa mengganti menu daging olahan dengan ikan salmon yang lebih sehat.

3. Makanan cepat saji.

Kentang goreng, ayam goreng, atau hamburger di restoran cepat saji mungkin menjadi favorit Anda. Namun makanan tersebut diproses dengan cara deep fried atau menggunakan minyak yang banyak, serta tinggi akan lemak trans dan lemak jenuh. Konsumsi lemak trans dan lemak jenuh dapat menyebabkan peradangan dan penuaan dini di kulit. Tak hanya itu, lemak trans dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!