Hidayat: Harus Jaga Kemabruran Haji – Palu Ekspres
Daerah

Hidayat: Harus Jaga Kemabruran Haji

SAMBUT HAJI – Sekdaprov Sulteng, H. Moh. Hidayat Lamakarate, saat memberikan sambutan penyambutan Jamaah Haji kloter 5 asal Sulteng, Jumat 15 September 2017. foto IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Jamaah Haji Indonesia asal Provinsi PALU EKSPRES, Sulteng, yang baru saja tiba dari tanah suci, diminta untuk dapat menjaga kemabruran haji, sehingga dapat menampakkan hal-hal positif bagi diri jamaah secara pribadi maupun kepada masyarakat sekitarnya.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, H. Moh. Hidayat Lamakarate, dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola, saat menerima secara resmi kedatangan jamaah haji asal Sulteng yang tergabung dalam kloter 5 Embarkasi Balikpapan, di Asrama Haji Transit Palu, Jumat 15 September 2017.

Hidayat menyampaikan, haji mabrur akan terlihat dari tingkah laku dan perubahan sikap seorang haji, yang diharapkan mampu memberikan kontribusi positif, syafaat dan manfaat, dalam menciptakan keamanan dan perdamaian di tengah masyarakat dan lingkungan.

“Hal ini, yang kemudian dapat menunjang penyelenggaraan pemerintahan, mewujudkan pemerintah provinsi yang maju mandiri dan berdaya saing,” ujar Hidayat, membacakan sambutan Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat juga menyampaikan bela sungkawa pemerintah, atas wafatnya sejumlah jamaah haji asal Sulteng di tanah suci.

Selain itu, selaku Pemerintah Provinsi Sulteng, Hidayat menyampaikan apresiasi terhadap kinerja seluruh petugas kloter yang telah melayani kebutuhan jamaah selama di tanah suci. Juga, apresiasi disampaikan kepada segenap Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulteng, yang diketuai oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada, yang dianggap telah mampu meningkatkan pelayanan dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

“Kita mengapresiasi pula, kinerja yang ditunjukkan oleh PPIH Sulteng, yang telah memberikan peningkatan kualitas pelayanan haji dari tahun ke tahun. Semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang,” tuturnya.

Terus Dorong Wujudkan Embarkasi

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sulteng bersama dengan Kementerian Agama, terus mendorong upaya agar Sulteng dapat menjadi Embarkasi Haji.

Hal ini dilakukan, kata Hidayat, untuk dapat lebih meminimalkan waktu yang mesti dilalui, oleh para jamaah ketika berangkat ke tanah suci serta kembali ke tanah air.

“Bapak Gubernur berkeinginan, Insya Allah di masa jabatan beliau hal itu dapat terwujud. Sehingga kita tidak lagi harus ke Balikpapan untuk transit lagi di sana semalam, kemudian berangkat ke tanah suci, kemudian kembali lagi singgah di Balikpapan dan ke Palu, itu membutuhkan waktu yang terlalu lama dan hal itu sangat melelahkan,” ujarnya lagi.

Jika belum dapat mewujudkan Embarkasi penuh, maka Hidayat menekankan Sulteng dapat menjadi Embarkasi Haji Antara terlebih dahulu.

“Mungkin kalau belum bisa Embarkasi penuh, jadi Embarkasi antara dulu. Di mana semua proses pemberangkatan haji diselesaikan di sini. Kalaupun transit di Balikpapan, hanya untuk pemeriksaan tertentu, tidak lagi masuk Asrama Haji Balikpapan. Kita berdoa, semoga bapak Gubernur dan semua jajaran yang bertekad mewujudkan hal itu, terus mendapat tuntunan dan bimbingan dari Allah SWT,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!