Hebat, Penulis Muda Ini Punya Cara Tersendiri Mengekspresikan Empati – Palu Ekspres
Palu

Hebat, Penulis Muda Ini Punya Cara Tersendiri Mengekspresikan Empati

Eka Dessa Fitri

PALU EKSPRES, PALU – Banyak cara yang dilakukan oleh orang dalam mengungkapkan rasa perhatian, atau keprihatinannya terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Di antaranya, adalah melalui karya-karya sastra seperti puisi.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Eka Dessa Fitri, yang baru saja meluncurkan buku antologi puisi berjudul “Filantropi Senyap”, di salah satu cafe di Kota Palu, Minggu (22/10).

Eka menjelaskan, puisi-puisi yang tercantum dalam buku tersebut, merupakan wujud dari pengamatan pribadinya terhadap kehidupan sosial, mulai dari keluarga dan lingkungan sekitarnya, bahkan hingga pada pengamatannya terhadap kinerja pemerintah. “Ya seperti itulah keseharian saya, sebagai ibu rumah tangga pada dasarnya,” katanya, di sela-sela peluncuran bukunya.

Frasa ‘Filantropi Senyap’ yang dipilih Eka sebagai judul buku, mengandung makna bahwa karya-karyanya yang tercantum sebanyak seratus buah puisi, adalah bentuk cinta, kasih sayang, kepedulian serta keprihatinan pribadi, terhadap kondisi di sekitarnya, yang hanya mampu dituangkan dalam bentuk tulisan sastra. Ia mengaku bukan tipe orang yang dapat bersuara lantang, seperti kebanyakan orang lain.

“Filantropi artinya kan perbuatan kasih sayang, saya juga sayang dengan lingkungan dan dunia ini, tetapi saya bukan siapa-siapa, hanya ibu rumah tangga dengan kemampuan hanya menulis begini. Olehnya, kata ‘Senyap’ dipilih, karena saya tidak mampu bicara lantang, hanya bisa melalui tulisan-tulisan ini,” jelas Eka, yang menggunakan nama pena Tika Fideska.

Eka menyebutkan, seratus puisi yang tercantum dalam buku tersebut, merupakan karya yang telah ia tulis sejak tahun 2014 hingga tahun ini, meskipun ia mulai menulis puisi sejak masih duduk di bangku SMP.

Ia mengungkapkan, masih ada sekitar 500 karya puisi lainnya, yang belum tercantum dalam buku “Filantropi Senyap”. “Dengan adanya buku ini, saya harap puisi-puisi saya bisa tersimpan dengan baik, dan bisa diwariskan kepada anak-anak cucu saya kelak. Saya juga berharap, ini dapat memotivasi orang lain, untuk turut membukukan karya-karyanya,” harapnya.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!