Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hati-hati! Kelamaan Dipakai, Karet Gelang Ini Sampai Menyatu dengan Kulit

0

PALU EKSPRES, JAKARTA – Seorang gadis cilik dari Linquan, Anhui, China, terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah kedua orangtuanya menyadari ada yang salah kondisi lengan putri mereka yang terlihat membengkak.

Lantaran terlambat mendapatkan pertolongan mendis, kondisinya ternyata memburuk. Gadis cilik 4 tahun itu pun dilarikan ke di Zhejiang University School of Medicine yang terletak di Hangzhou.

Menurut dokter Ye Wensing yang menangani kasus ini, pembengkakan yang terlihat melingkar itu disebabkan oleh karet gelang yang terlalu lama dikenakan.

Saking lamanya, karet gelang yang dililitkan di lengan, tidak jauh dari sikut itu, perlahan menyatu dengan kulit sang pasien cilik.

Menurut Wensing yang sudah 20 tahun berprofesi sebagai dokter, ini adalah yang kasus kedua yang melibatkan karet gelang yang pernah ia temukan.

Ia menduga, kakek dan nenek Le Le yang kesehariannya merawatnya, tidak menyadari akan keberadaan karet gelang yang dikenakan oleh cucu mereka.

“Mereka yang sudah sepuh biasanya kerap mengenakan benang tipis merah di leher anak-anak, pergelangan atau jemari sebagai tuah, meski praktek ini bukan tanpa resiko,” kata dokter Ye.

“Benang tipis dan karet gelang sangat mudah bersembunyi di balik lipatan kulit anak-anak. Anak-anak juga masih terlalu kecil untuk berbicara dan kejadian seperti ini bisa saja terjadi di luar sepengetahuan keluarga mereka,” ungkapnya.

Pasca, operasi, Kondisi Le Le dilaporkan membaik.

(ruf/fajar)

Sumber: Metro.co.uk

Leave A Reply

Your email address will not be published.