Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hasil Kelulusan SMP Akan Diumumkan 28 Mei

0

PALU EKSPRES, PARIGI – Pengumuman hasil kelulusan siswa SMP negeri dan swasta se- Kabupaten Parigi Moutong akan digelar pada tanggal 28 Mei mendatang. Hal ini sesuai dengan jadwal petunjuk teknis Pos Ujian Nasional (UN) tahun 2018 yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong, Drs. Ahmad Syaiful, MM, yang juga ketua Panitia UN SMP dan SD kepada Palu Ekspres, Kamis (17/5/18), di Parigi. Dia mengatakan, pengumuman kelulusan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia baik SMP, MTS, SMP Luar biasa, salah satunya di Kabupaten Parimo.

“Jadwal pengumuman ini sesuai dengan Juknis Pos UN baik pelaksana UNBK atau UNKP, dan tidak ada perubahan apa pun nantinaya,” ungkapnya. Ia menjelaskan, kriteria kelulusan ini berasal dari satuan pendidikan yakni, sekolah harus mempertimbangkan pertama, siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau prilaku minimal baik, mengikuti ujian UNBK, UNKP yang diselenggarakan satuan pendidikan serta lulus Ujian sekolah berbasis nasional (USBN), sesuai kriteria yang telah ditentukan oleh sekolah.

Menurutnya, semua ketentuan kelulusan berada disekolah dengan melihat hasil yang diperoleh para siswa tersebut, sebab kelulusan ini tidak lagi ditentukan oleh pusat, melainkan diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah dengan mengacu pada kriteria yang telah ditentukan di dalam Pos Ujian Nasional (UN).

“Jadi kalau ada siswa yang tidak lulus, berarti bermasalah dengan empat kriteria yang telah ditentukan, kalau dari salah satunya tidak memenuhi, secara otomatis siswa yang bersangkutan pasti tidak lulus, seperti contoh tidak mengikuti ujian atau prilaku yang kurang baik disekolah sehingga, menjadi penilaian para guru,” jelasnya.

Ditambahkannya, data beberapa tahun terakhir jumlah kelulusan siswa SMP se- Kabupaten Parigi Moutong cukup signifikan, sementara untuk data yang tidak lulus dikarenakan tidak mengikuti UNBK dan UNKP dan bagi peserta ujian susulan nantinya, akan diumumkan bersamaan pada tanggal 28 Mei mendatang.

(asw/Palu Ekspres)

Leave A Reply

Your email address will not be published.