The news is by your side.

Hari ini Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Tiga Daerah Tes Kesehatan

0

PALU EKSPRES, PARIGI – Pemeriksaan pasangan calon bupati dan wakil bupati di tiga kabupaten di Sulawesi Tengah yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) yakni, Parigi Moutong, Morowali dan Donggala, akan melibatkan ikatan dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Tahapan pemeriksaan kesehatan akan dilakukan mulai hari ini, 11 hingga13 Januari 2018. Hal itu diungkapkan ketua IDI Kabupaten Parigi Moutong dr.Agus Suyono Hadi saat melakukan sosialisasi usai pendaftaran paslon buati dan wakil bupati Parimo yakni, Erwin Burase, Rahmawati M.Nur (Era Baru), dan Paslon Amrulah Almahdali dan Yufni Bungkundapu (Amin), di Aula Kantor KPU Kabupaten Parigi Moutong Rabu (10/1/18).

“Rumah Sakit Undata satu-satunya Rumah Sakit yang memenuhi syarat untuk pemeriksaan kesehatan. Jadi pemeriksaan akan dilakukan di Provinsi dan semua bakal pasangan calon akan mengikuti tahapan-tahapan berdasarkan jadwal yang diatur IDI Provinsi,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi tanggal 11 Januari besok akan dilakukan brifing, , pemeriksaan fisik di tanggal 12 , dan pemeriksaan psikologi dan psikiatri dilakukan ditanggal 13.

“Dari tim IDI provinsi Sulteng akan memimpin brifing, mereka akan menyampaikan hal-hal tentang pemeriksaan misalnya, pemeriksaan gula darah, dan harus puasa dua jam setelah makan, maka diminta Paslon akan mengikuti aturan yang ditetapkan,” ujarnya.

Lanjut dia, pemeriksaan fisik akan dilakukan berkisar 8 jam dalam satu hari, satu orang diperiksa secara maraton selama 8 jam. Pemeriksaan memenuhi segala aspek tubuh seperti pernafasan, THT, USG, mata, laboratorium untuk pemeriksaan darah, pemeriksaan kanker dan untuk calon perempuan ada pemeriksaan detail lainnya.

Ia menambahkan, pemeriksaan ketiga, tanggal 13 melibatkan himpunan psikologi provinsi dan psikiatri juga akan dimulai dengan brifing. Ada tiga kabupaten yang mengadakan Pilkada sehingga ada jadwal waktu yang diminta untuk diikuti.

“Penyampaian dari direktur RSUD Undata mengenai brifing jam 9.30 sehingga diharapkan yang dari Morowali diharuskan tiba di Palu Pagi hari. Brifing nanti diharapkan bisa diikuti oleh semua pasangan calon. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan, IDI, HIPSI dan BNN, pada tanggal 15 hingg 16 januari nanti sudah ada hasil penetapan dari tes kesehatan tersebut,” pungkasnya.

(mg4/Palu Ekspres)

Leave A Reply

Your email address will not be published.