Gubernur Sulteng Luncurkan Layanan Berbasis TI – Palu Ekspres
Daerah

Gubernur Sulteng Luncurkan Layanan Berbasis TI

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menekan tombol tanda peluncuran program layanan berbasis elektronik. Foto Anita Anggraini/PE

PALU EKSPRES, PALU – Tepat ulang tahunnya yang ke 53, Pemerintah Provinsi Sulteng melaunching program layanan berbasis elektronik. Tiga layanan tersebut adalah  E-SiiDAT, E-SAMSAT DAN E-KALEDO’S”.

E-SIIDAT adalah sistem Informadsi Investasi dan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan terpadu.

E-SIIDAT merupakan layanan online dari pendaftaran sampai input dokumen persyaratan melalui media interface yang telah disediakan melalui aplikasi E-SIIDAT. Sehingga konsumen dapat melakukan proses perizinan kapanpun dan dimanapun tanpa perlu ke lantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan satu Pintu.

Menurut Gubernur Longki Djanggola, hadirnya E-SIIDAT bisa menjadi kontrol terhadap masalah perizinan yang banyak dikeluhkan masyarakat.

“Di antaranya mengenai ketidakjelasan prosedur layanan hingga membuat masyarakat menggunakan jasa pihak ke tiga, aparatur yang tidak profesional, serta maraknya pungutan liar juga biaya dan waktu yang tidak pasti, maka dengan layanan ini dapat terselesaikan secara transparansi sesuai standar pelayanan dan standar operasional prosedur serta prosedur perizinan melalyi tracking izin,” ujar Longki dalam sambutannya, pada acara yang berlangsung di Kantor Pemprov Sulteng, Kamis (13/4).

Hadir pada acara launching itu , Wakil Ketua KPK RI, Basaria Pasaribu, Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri dan sejumlah pejabat pemerintah pusat serta anggota DPRD dan DPD RI tamu dan undangan yang sebelumnya hadir dalam HUT Pemprov Sulteng ke 53 di Kantor Gubernur Kamis 13 April 2017.

Aplikasi kedua adalah E-SAMSAT online Sulteng yaitu pelayanan pembayaran pajak daerah registrasi kendaraan bermotor,  sesuai Perpres nomor 5/2015 pembayaran pajak dapat dilakukan di anjunhan Tunai Mandiri (ATM) yang sifatnya melayani diri sendiri.

Gubernur mengatakan dua aplikasi di atas merupakan tindaklanjut dari rencana aksi program pencegahan korupsi yang terintegrasi antara Pemprov Sulteng dengan KPK dan kerjasama dengan Pemprov Jawa Barat.

“Kita berharap inovasi ini dapat mencegah tindak korupsi dan suap. Frekuensi tatap muka aparatur dan masyarakat dapat dihilangkan dengan aplikasi ini,” ujar mantan bupati Parigi Moutong 2 periode ini.

Aplikasi ketiga adalah E-KALEDO’S. Yaitu Katalog Elektronik Direktori Mitra Usaha Sulteng. Aplikasi yang seperti mengambil nama makanan khas Kota Palu Kaledo ini, bertujuan mempermudah promosi dan membantu mitra usaha memasarkan produknya terutama produk hasil olahan yang mempunyai nilai prospektif utk mitra usaha.

Gubernur menaruh harap ketiga aplikasi ini lancar dalam proses perjalanannya sehingga tercapai cita-cita dan tujuan kehadiran 3 layanan berbasis TI ini.

(aaa/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!