Gubernur Resmikan Jalur Dua Terpanjang di Sulteng – Palu Ekspres
Daerah

Gubernur Resmikan Jalur Dua Terpanjang di Sulteng

PERESMIAN- Sekdaprov Sulteng Derry Djanggola meresmikan ruas jalan Jalur Dua Lingkar Parigi poros Dolago-Petapa, ditandai dengan pengguntingan pita, Minggu 9 April 2017, di Desa Olobaru Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parimo. Foto Aswadin/PE

PALU EKSPRES, PARIMO – Gubenur Sulteng Longki Janggola yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng Derry Djanggola meresmikan ruas jalan Jalur Dua Lingkar Parigi poros Dolago-Petapa.

Peresmian tersebut usai menghadiri acara puncak kegitan Festival Pesona Teluk Tomini (FTT), Minggu 9 April 2017, yang ditandai pengguntingan pita oleh Sekdaprov Derry Djanggola di Desa Olobaru Kecamatan Parigi Selatan.

Dengan demikian, poros Dolago-Petapa tersebut sudah dapat dilalui oleh kendaraan umum.

Bersamaan dengan peresmian jalan itu, secara simbolis juga  diresmikan jembatan Korontua, jembatan Olaya dan jembatan Mertasari. Ketiga jembatan tersebut berada di ruas jalan lingkar poros Dolago- Petapa.
Jalan ini  merupakan salah satu  jalur dua terpanjang di Sulteng dengan panjang kurang lebih 17 Kilometer dan lebar 35 meter.

Untuk diketahui, pembangunan awal jalan ini dimulai sejak Longki Janggola menjabat sebagai Bupati Parimo, kemudian diteruskan oleh Bupati sekarang,  H Samsurizal Tombolotutu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan(PUPRP)Kabupaten Parimo Zulfinasran kepada wartawan menjelaskan, pembangunan jalan lingkar 1 Parigi merupakan solusi atas padatnya lalu lintas yang melalui jalan trans Sulawesi.

“Kita lihat bersama bahwa Parigi Moutong merupakan jalur persimpangan Pulau Sulawesi, sehingga jalan trans Sulawesi dianggap sudah cukup sesak, dan itu terbukti pada penyelenggaraan Sail Tomini tahun 2015 silam, kemacetan mencapai puluhan kilometer dari Desa Tanah Lanto Kecamatan Torue hingga Tawaeli Kota Palu,” jelasnya.

Lanjutnya, pada 2017 ini juga, Pemerintah Kabupaten Parimo kembali membangun Jalan Lingkar 2 kota Parigi ruas Petapa-Toboli sepanjang 10 kilometer.  Dan, jika dihubungkan dengan jalan lingkar 1 Parigi, akan menjadi jalan jalur dua terpanjang di Provinsi Sulteng.

Ia menambahkan, untuk pembangunan jalan lingkar 2 Parigi, pihaknya masih dalam tahap pembebasan lahan.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!