Gubernur Minta Kafilah Tingkatkan Prestasi – Palu Ekspres
Agama

Gubernur Minta Kafilah Tingkatkan Prestasi

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola menitipkan pesan kepada para kafilah perwakilan Sulteng, pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional XXIV di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, untuk meningkatkan prestasi yang sebelumnya masih sulit diraih.

Olehnya, Gubernur mendorong seluruh pihak terkait, termasuk para pelatih, untuk mengintrospeksi diri masing-masing. Agar ke depan, para perwakilan Sulteng di ajang tersebut mampu meraih prestasi yang diinginkan.

“Dua tahun lalu, kita cuma dapat satu gelar harapan, bahkan dua tahun sebelumnya tidak dapat apa-apa. Artinya, mestinya kita dapat mengintrospeksi diri, ini ada apa. Kalau kita tidak mengintrospeksi diri, jangan harap akan berprestasi, kita akan selalu tertinggal,” tegas Gubernur, saat melepas secara resmi Kafilah STQ Sulteng, di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis 13 Juli 2017.

Meski begitu, secara umum Gubernur menyampaikan, bahwa sesungguhnya mencari predikat juara, bukanlah merupakan substansi utama dari penyelenggaraan STQ. Menurutnya, hakikat kegiatan STQ adalah membawa misi dakwah dan syiar Islam, serta dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran, sebagai pedoman dan petunjuk umat Islam.

“Namun di sisi lain, keinginan untuk merebut juara adalah satu hal yang penting pula, untuk mengharumkan nama daerah,” imbuhnya.

Olehnya, Gubernur mendorong para peserta perwakilan Sulteng, yang sebelumnya telah berprestasi pada ajang STQ tingkat Provinsi di Kabupaten Donggala beberapa waktu lalu, untuk dapat mengamalkan apa yang telah didapatkan dalam pelatihan, dengan sebaik-baiknya.

“Selamat kepada yang terpilih, untuk berjuang meraih prestasi di ajang STQ tingkat Nasional. Saya percaya, apa yang diperoleh dalam setiap pelatihan, akan menjadi bekal yang sangat berharga dalam meningkatkan kualitas kafilah Sulteng,” ujar Gubernur.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah Latopada menyebutkan, sebagai salah satu wujud pembinaan jangka panjang, serta untuk meningkatkan kualitas Qori dan Qoriah Sulteng di tahun-tahun akan datang, pihaknya mencanangkan program 1.000 Qori dan Qoriah, yang telah di-launching pada pelaksanaan STQ tingkat Provinsi di Kabupaten Donggala beberapa waktu lalu.

“Diharapkan, program ini akan menjadi contoh di Sulteng terkait pembinaan Qori dan Qoriah kita, untuk menghadapi STQ dan MTQ di tahun-tahun yang akan datang,” kata Abdullah.

Terkait pelaksanaan teknis program tersebut, Abdullah menerangkan pihaknya akan melakukan koordinasi lanjutan, dengan beberapa pihak terkait, termasuk dengan Biro Kesejahteraan Sosial Masyarakat Kantor Gubernur Sulteng, dan juga di seluruh Kabupaten dan Kota di Sulteng.

Pada pelaksanaan STQ tingkat Nasional XXIV di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, yang akan dimulai pada 15 Juli 2017, Sulteng akan diwakili oleh 12 orang peserta, yang akan mengikuti dua cabang, yakni Tilawatil Quran dan Hafidz Alquran.

(abr/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!