Gempa Poso Terbesar Selama 20 Tahun Terakhir – Palu Ekspres
Daerah

Gempa Poso Terbesar Selama 20 Tahun Terakhir

PALU EKSPRES, POSO – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Poso mengkonfirmasi bahwa gempa bumi berkekuatan 6,6 SR yang mengguncang kota Poso, Senin malam adalah gempa terbesar selama 20 tahun terakhir.

Gempa yang terjadi pukul 22.35 WIB tersebut menyebabkan  sejumlah warga mengalami lukna akibat tertimpa reruntuhan bangunan dan merusak sejumlah jembatan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Poso, Masdian Mentiri mengatakan, warga Poso menjadi panik dan berhamburan keluar rumah.

“Gempa terbesar dalam kurun waktu 20 tahun. Kami mengimbau agar warga tidak panik dan tetap tenang, mengingat gemba tersebut tidak berpotensi tsunami,” ujar Masdian, Senin malam (29/5).

Masdian menyampaikan, gempa yang berpusat di daratan Desa Wuasa, Kecamatan Pamona Timur dengan kedalaman 10 kilometer ini tidak hanya dirasakan warga Poso. Gempa juga dirasakan di Torue kabupaten Parigimoutong, Palu, Toli-Toli, Gorontalo hingga Kalimantan.

“Kami baru mendapat laporan dari Kapolsek Lore Timur, selain merusak bangunan, terdapat beberapa warga yang terluka saat mecoba menyelamatkan diri karena kaget mendapat guncangan,” ungkap Masdian.

Ia mengaku belum mendapat data yang detail berapa jumlah kerusakan bangunan serta jumlah bangunan yang rusak.

“Untuk sementara saya belum bisa pastikan berapa jumlah kerusakan dan berapa warga yang terluka, yang jelas laporan korban luka sudah masuk sama saya,” jelasnya.

(MS/PE)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top