Gema Takbir Sudah Dikumandangkan di Padang dan Maluku, Hari Ini Lebaran – Palu Ekspres
Daerah

Gema Takbir Sudah Dikumandangkan di Padang dan Maluku, Hari Ini Lebaran

PALU EKSPRES, PADANG – Jamaah tarekat Naqsabandiayah wilayah Kota Padang Sumatera Barat malam tadi telah mengumandangkan taqbir di masjid mereka, menandakan 1 Syawal jatuh pada hari ini, 24 Juni 2017.

Mereka, para jamaah laki-laki dan perempuan berkumpul di masjid di Kecamatan Pauh Kota Padang mengumandangkan taqbir bersama.

Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat telah menetapkan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah pada Sabtu 24 Juni 2017. Mereka telah berpuasa selama 30 hari sejak 25 Mei lalu. “Kami telah menetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah berdasarkan hisab Munjid,” ujar Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat Mursyid Syafri Malin Mudo, Jumat (23/6).

Kata dia, hisab Munjid telah digunakannya secara turun menurun dalam menetapkan awal bulan. Hisab ini diperkenalkan Syekh M Thaib yang diyakininya membawa ajaran ini ke Pauh Kota Padang pada awal abad 20.

Menurutnya, penghitungan huruf awal Hijriah dengan huruf Syawal dalam kalender Munjid itu dijumlahkan. “Dihitung tiga hari sejak Kamis. Jadi jatuhnya Sabtu,” ujarnya.

Jemaah tarekat ini akan menggelar salat Ied di Musala Baitul Makmur Kecamatan Pauh Kota Padang. Salat ini akan dipimpin langsung Syafri. “Biasanya diikuti jemaah dari pelbagai daerah, seperti Pesisir Selatan dan Solok,” ujarnya.

Sementara warga di Desa Wakal Maluku Tengah smenggelar pawai obor menyambut hari raya Idul Fitri yang menurut mereka jatuh pada hari ini, 24 Juni 2017.

Pawai obor diikuti ratusan anak-anak. Acaratersebut juga dimeriahkna dengan bagi-bagi uang kepada anak-anak.

(MS/PE)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top