Gas Elpiji 3 Kg di Sigi Tembus Rp 40 Ribu – Palu Ekspres
Ekonomi

Gas Elpiji 3 Kg di Sigi Tembus Rp 40 Ribu

PALU EKSPRES, SIGI – Masyarakat di lima desa di Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kurun sepekan terakhir mengeluhkan mahalnya harga gas ukuran 3 kilogram yang naik hingga Rp 40 ribu.

Anggota DPRD Sigi, Hafid Laturadja , Kamis (31/5) mengaku, berdasarkan laporan warga, harga tabung gas elpigi 3 kg saat ini melambung tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp16 ribu sesuai ketentuan pemerintah.

“Kalaupun ada di tingkat pengecer harga sudah Rp 40 ribu per tabung. Paling murah 35ribu,” katanya mengutip keterangan warga Desa Sibalaya Barat.

Kata Hafid, warga mengaku heran karena sampai saat ini stok tabung gas tidak ditemukan di pangkalan resmi. Dan anehnya, di pengecer dan kios-kios tersedia.

Warga lainnya juga menyesalkan kelangkaan tabung gas elpiji di bulan Ramadhan karena kebutuhan gas mengalami peningkatan.

“Di saat bulan ramadhan seperti sekarang justru warga sulit dapatkan gas. Lebih parahnya harganya sangat mahal,” kata Ambo Upe (62), warga Desa Sibowi, Kecamatan Tanambulava.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Sigi segera turun tangan karena ada indikasi permainan di tingat pangkalan hingga ke pengecer. Bahkan, diduga kuat ada kerjasama. Instansi terkait harus mengecek langsung ke pangkalan dan pengecer.

“Jika ditemukan, harus diberikan tindakan tegas hingga izin pangkalannya dicabut agar ada unsur jerah bagi pelakunya (spekulan). Berdasarkan pengakuan warga, ada pangkalan yang  mendistribusikan stok gas elpiji 3 kg ke kecamatan lain di wilayah pelosok Kabupaten Sigi untuk meraup keuntungan yang lebih besar,” pungkasnya.

(mg2/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!