Gaji 13 Sulit Cair Sebelum Lebaran – Palu Ekspres
Daerah

Gaji 13 Sulit Cair Sebelum Lebaran

PALU, PE – Pembayaran gaji 13 pegawai negeri sipil (PNS) diperkirakan sulit terealisasi sebelum lebaran idul firti sebagaimana harapan pegawai. Itu jika menyesuiakan waktu penerimaan siswa sekolah untuk tahun ajaran baru tahun 2016 ini.  Perkiraan realisasi gaji 13 ini dikemukakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Palu Dharma Gunawan Muchtar.

Berdasarkan analisa logika sederhananya,  jika peruntukan gaji 13 adalah gaji yang dibayar menjelang tahun ajaran baru, maka realisasinya harusmenyesuaikan waktu penerimaan siswa sekolah. “Kalau waktu penerimaan siswa kebetulan sebelum lebaran, maka realisasinya sebelum lebaran pula. Begitu dengan setelah lebaran,”kata Sekkot, Selasa 14 Juni 2016 di kantornya.

Jikapun waktu penerimaan siswa baru ditetapkan sebelum lebaran, maka pemerintah harus berani merealisasikannya pada tanggal Jumat 1 Juli mendatang. Pasalnya lebaran tahun ini yang ditetapkan pada 6 dan 7 Juli, akan diawali dengan cuti bersama nasional. Cuti bersama itu tanggal 4,5 dan 8 Juli.

“Kalau toh memang pemerintah mau, ya harus hari Jumat tanggal 1 Juli. Sebab, hari Sabtu 2 Juli PNS sudah libur kerja. Minggu tanggal 3 kita juga libur. Senin tanggal 4 sampai dengan 10 Juli cuti bersama lebaran dan libur kerja,”rinci Sekkot.

Namun jika memang realisasinya setelah lebaran dan menyesuaikan waktu penerimaan siswa baru, maka kemungkinan besar gaji 13 itu akan dibayarkan pemerintah nanti pada Senin tanggal  11 Juli mendatang. “Tapi pertanyaannya lagi, tanggal 11 itu apakah sudah jadwal masuk sekolah. Tentu ini harus disesuaikan lagi,”jelasnya lagi.

Justru tambah Sekkot, kemungkinan besar yang bisa direalisasikan pemerintah adalah pembayaran gaji ke 14 atau Tunjangan Hari raya (THR).Pasalnya, peruntukan gaji 14 ini memang direncanakan untuk pemberian THR.“Saya curiga nanti, justru yang duluan dicairkan itu gaji 14 ini kalau memang ada kebijakan itu. Sebab masa iya gaji 14 mau dikasi setelah hari raya,”urai Sekkot.

Sejauh ini pihaknya kata Sekkot belum mendapat informasi secara pasti mengenai tanggal penerimaan siswa baru itu. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan RI, menurutnya juga belum menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang pembayaran gaji 13.“Pada dasarnya, pemerintah daerah itukan menunggu terbitnya PMK. Setelah itu baru direalisasikan,”demikian Sekkot.(mdi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top