Format Dapil Akan Diuji Publik Tahun Depan – Palu Ekspres
Palu

Format Dapil Akan Diuji Publik Tahun Depan

PALU EKSPRES, PALU – KPU Kota Palu telah merancang kembali format daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu legislatif tahun 2019 di Kota Palu.

Sejauh ini penataan Dapil masih menggunakan format pada Pemilu terdahulu tahun 2015 silam. Yaitu dengan empat Dapil. Dapil 1, Palu Utara-Tawaeli, Dapil 2, Palu Barat-Ulujadi, Dapil 3, Palu Selatan-Tatanga dan Dapil 4, Palu Timur Mantikulore.

Komisioner KPU Palu Agus Salim, dalam Raker‎ penataan Dapil dan simulasi penghitungan alokasi kursi DPRD Kota Palu, Rabu 13 Desember 2017 di Hotel Sya Regency menjelaskan, format penataan Dapil itu selanjutnya akan diuji publik.

Agar mendapat masukan terkait hal-hal teknis baik dari masyarakat maupun pihak-pihak berkepentingan lainnya.

“Uji Publik penataan Dapil ini sesuai jadwal akan dilaksanakan Januari 2017,”kata Agus Salim.

Menurutnya terdapat tujuh prinsip penataan Dapil. Pertama prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah,berada pada cakupan wilayah yang sama serta kohesivitas. Dan kesinambungan dalam proses penataan Dapil.‎

Uji publik januari pada 7 prinsip itu kesetaraan nilai suara. Ketataan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan dalam proses penataan dapil.

“Bila mendapat masukan publik, format penataan Dapil bisa diubah. Karenanya kami berharap pihak yang berkepentingan bisa memberi masukan,”pungkasnya.‎

‎Raker yang dihadiri perwakilan Parpol dan OPD terkait berlangsung dinamis. KPU menjaring potensi permasalahan sekaitan hal teknis penyelenggaraan Pemilu yang terjadi pada Pemilu sebelumnya.

Salahsatu masalah yang muncul dalam diskusi Panel, yaitu berkurangnya jumlah pemilih pada Pemilu mendatang lantaran masalah kependudukan. Namun hal itu tidak memengaruhi jumlah kursi DPRD Palu yaitu 35 kursi.

(mdi/Pulu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!