Festival Pesona Lipuku 2017 Siap Digelar – Palu Ekspres
Daerah

Festival Pesona Lipuku 2017 Siap Digelar

PALU EKSPRES, AMPANA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-una melalui Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Tojo Una-una, siap melaksanakan Event Festival Pesona Lipuku 2017 yang digelar pada 21 Oktober-11 November 2017 mendatang.

Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Tojo Una-una, Dg. Mario Pawadjoi mengatakan, pelaksanaan Festival Pesona Lipuku 2017 secara umum persiapannya sudah matang untuk tahun ini, yang dihelat di dua tempat, yaitu pembukaan di Kecamatan Ratolindo dan di wilayah Kepulauan Togean.

“Festival Pesona Lipuku 2017 dikemas dengan berbagai kegiatan, di antaranya mancing mania, lomba renang, lomba perahu layar, tour sepeda, lomba foto dan video drone, lomba kuliner, jet sky, rally foto,lari maraton, band competition, trail adventure, workshop dan berbagai penampilan kesenian budaya daerah Tojo Una-una,” kata Mantan Kabag Adpum Setda Kabupaten Touna itu, Senin (11/9/2017).

Untuk itu, kata Dia, melalui Festival Pesona Lipuku 2017 ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, dan memberikan dampak ekonomi pada masyarakat secara langsung dalam rangka menuju Pemerintahan Touna Hebat dan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Tojo Una-una baik yang ada di daratan Ampana hingga daerah Tojo yang berupa objek wisata bahari di Kepulauan Togean, serta memperkenalkan keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang ada.

“Kabupaten Tojo Una-una ini juga termasuk dalam rute yang dilewati oleh para atlet sepeda dalam acara Tour de Central Celebes yang bertaraf internasional dan diikuti oleh 12 negara. Kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara dalam acara festival nantinya akan ditargetkan sebanyak 3000 pengunjung,” ujarnya.

(mg3/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top