Empat Tips Ajari Anak Berbakti pada Orangtua – Palu Ekspres
Seleb

Empat Tips Ajari Anak Berbakti pada Orangtua

ANAK adalah titipan bagi orangtua yang harus dijaga dan dididik sebaik mungkin. Mendidik anak untuk berbakti kepada orangtua, haruslah ditanamkan sejak usia mereka masih kecil. Ada beberapa tips untuk Anda yang akan memulai mengajarkan anak berbakti pada orangtua. Berikut kiatnya.

1. Persiapkan diri
Anda sebagai orangtua adalah panutan bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, orangtua harus sudah membekali diri mereka dengan ilmu yang cukup untuk mendidik anak-anak mereka.

Ilmu agama merupakan dasar ilmu utama yang harus ditanamkan kepada anak agar kelak kebiasaan tersebut berlangsung seumur hidup mereka.
Ketika anak dibekali dengan ilmu agama yang baik, maka hal ini akan menghindarkan mereka dari kebobrokan akhlak sang anak. Tidak hanya menyuruh anak berbuat baik, namun orangtua juga harus menjadi contoh atau tauladan bagi anak-anak.

2. Bekali masa depan anak dengan ilmu
Apapun yang diajarkan oleh orangtua akan dengan mudah diserap oleh anak. Dengan ilmu agama yang baik, tentu anak akan mudah menyadari bahwa apa yang mereka dapat sampai sekarang tidak terlepas dari peran serta utama dari orangtua.
Mengajarkan ilmu kepada anak tetap harus sesuai dengan akidah, namun dengan bahasa yang mudah untuk mereka pahami.

3. Perhatikan lingkungan anak
Lingkungan yang baik akan membawa anak pada kehidupan yang baik pula. Namun sebaliknya, apabila lingkungan anak tidak baik, maka anak akan terbawa arus tidak baik.

Peran orangtua sangat diperlukan disini. Anak yang berbakti kepada orangtua secara otomatis akan mengikuti nasehat orangtua untuk tidak bergaul sembarangan

4. Sabar, ikhlas dan doa
Hadapilah anak dengan selalu sabar, karena tidak selalu mereka menuruti apa yang orangtua inginkan. Ketika anak berselisih paham dengan orang tua, sebaiknya orangtua menghadapinya dengan sabar agar anak tidak semakin menjauh.
Selalu doakan anak untuk menjadi orang yang lebih baik dimasa depan. Ikhlas mendidik mereka akan membuat anak sangat menghargai dan menghormati apa yang orangtua berikan kepada mereka. (stv)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top