Empat Sisi Tapal Batas Wilayah Sigi dalam Proses – Palu Ekspres
Daerah

Empat Sisi Tapal Batas Wilayah Sigi dalam Proses

PALU EKSPRES, SIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi segera menyelesaikan tapal batas antara wilayah Kabupaten Sigi dengan empat wilayah perbatasan. Hal itu dikatakan oleh Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos Msi usai melaksanakann sidang paripurna di ruang sidang DPRD Sigi, Senin (16/4).

Dia mengatakan, terkait dengan tapal batas antara empat wilayah yang berseberangan dengan Kabupaten Sigi, yakni Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, dan Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) sementara dalam proses penyelesaian.

“Dari keempat tapal batas tersebut, tapal batas antara Sigi dan Poso yang saat ini prosesnya sudah kami tindaklanjuti ke Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Sulteng. Intinya, mengenai tapal batas wilayah antara Sigi dengan Poso, kami sendiri tinggal menunggu hasil dari Gubernur Sulteng,” jelasnya.

Kalau tapal batas wilayah dengan Donggala, Parigi Moutong, dan Luwu Utara Sulsel, lanjut dia katakan, hingga kini masih dalam tahap atau proses penyelesaian untuk ditindaklanjuti ke Pemprov Sulteng.

“Hanya saja, menegenai tapal batas antara Sigi bersama Luwu Utara, saat ini kami masih sementara membuka akses jalan pintas dari Desa Bangga menuju daerah suku Bugis itu. Dan proses penyelesaian tapal batas wilayahnya itu sendiri, juga akan kami tindaklanjuti ke Pemprov Sulteng,” terangnya.

Diakuinya, bahwa dalam proses penyelesaian tapal batas itu sendiri masih terdapat beberapa kendala. Diantaranya, mengenai kondisi atatus penduduk, yang terbilang tidak menentu.

“Biasanya, ada masyarakat Poso yang masuk ke Sigi. Artinya, secara administrasinya yang belum jelas. Ini yang masih sementara kami rampungkan. Supaya tapal batas wilayah Sigi dengan daerah lain bisa secepatnya terselesaikan,” pungkasnya.

(mg2/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!