E-Warong KUBE PKH Parimo Diresmikan – Palu Ekspres
Ekonomi

E-Warong KUBE PKH Parimo Diresmikan

MEMUKUL REBANA : Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementrian Sosial RI, DR Andi ZA Dulung dan jajaranya yang di dampingi Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu saat memukul Rebana sebagai tanda diresmikanya e-warong KUBE PKH di halaman Kantor Camat Ampibabo, Senin, (2/10/2017) Sore.FOTO : ASWADIN/PE.

PALU EKSPRES, PARIGI – Menteri Sosial RI yang diwakili Direktorat Jenderal (Dirjen) Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial, DR Andi ZA Dulung meresmikan launching e-Warong Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) di Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong.

Selain melaunching e-Warong, DR Andi ZA Dulung juga meninjau Gedung Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) Anak berhadapan dengan Hukum (ABH) di Kecamatan Siniu Kabupaten Parimo, Senin (2/10) sekira Pukul 13.00 Wita. Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI dalam arahannya mengatakan, ada dua hal penting yang ingin Ia sampaikan untuk menindaklanjuti pesan dari Ibu Menteri.

Pertama, kepada para petugas atau kepada para birokratnya termasuk Bupati, Camat, dan Kepala Desa serta pendamping semuanya. Pesan selanjutnya adalah, kepada para peserta PKH dan juga Bupati Parimo agar melengkapi data para peserta PKH.

“Sudah bolak balik saya sampaikan tadi masalah data karena ini juga dalam rangka mempertajam programnya dan bagaimana supaya menghindari bantuan yang salah sasaran, karena kalau kita membuat datanya salah dan tidak membenarkanya akan mendapat dosa dan yang menerimanya juga akan berdosa sehingga keduanya mendapat dosa bersama,”ujarnya.

Menurutnya, sekarang ini datanya harus selalu diperbaiki sehingga tidak ada lagi pemberian bantuan kepada warga yang salah sasaran. “Insya Allah data ini harus sering kita perbaiki, jadi ada program ini Pak Bupati, saya kira Pak Kadis Sosial sudah diundang ke Jakarta awal bulan ini dalam rangka untuk mengecek data-data yang terkumpul itu agar diperbaiki, artinya apabila ada peserta yang sudah sejahtera dan dinilai tidak lagi layak untuk menerimanya maka itu akan dicoret dan dikeluarkan namanya dan akan diganti lagi dengan data baru atau yang layak untuk di berikan bantuan tersebut,”tuturnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati Parimo dalam sambutannya mengungkapkan, sangat berterima kasih kepada Menteri Sosial yang dalam hal ini diwakili oleh Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos yang sudah me-launching e-Warong ini.

“Kita ketahui bersama bahwa Parigi Moutong ini sering mendapat perhatian khusus dari Kementerian karena disinilah salah satu daerah yang terbesar mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial, kurang lebih Rp83 Miliar lebih, dan ini merupakan bantuan dana terbesar di Indonesia,”katanya.

Awalnya, ini adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang kebetulan kata Bupati, punya kerebat dekat di Kementerian Sosial tersebut. Sehingga, Ia diundang untuk hadir dan membahas program tersebut pada tahun 2008 silam.

“Saat itu saya ditanya oleh pihak Kementerian, kira- kira program apa yang cocok di Kementerian ini untuk diterapkan di Kabupaten Parimo, setelah melalui perindingan maka lahirlah Program PKH ini,”jelasnya.

Dalam kegiatan launching ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Parimo, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Parimo, Kapolres Parimo, Forkompinda Parimo, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemda Parimo, Pemimpin Wilayah Kanwil BRI Manado, Camat, Kepala Desa, tokoh Agama, tokoh Masyarakt, tokoh Pemuda, dan juga di hadiri kurang lebih 1500 Peserta PKH dari sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top