Duh, Daftar Tunggu Haji hingga 2037 – Palu Ekspres
Agama

Duh, Daftar Tunggu Haji hingga 2037

PALU EKSPRES, BALIKPAPAN – Umat muslim di Balikpapan yang ingin menjalankan ibadah haji harus bersabar. Pasalnya, saat ini sudah ada 10.110 orang Balikpapan yang masuk dalam daftar tunggu.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Balikpapan Shaleh mengatakan, daftar tunggu pemberangkatan haji hingga pertengahan April mencapai 10.110 orang. Dia menjelaskan, jumlah tersebut merupakan antrean hingga keberangkatan pada 2037 ke depan.

“Jadi, kalau daftar sekarang perkiraan berangkat 20 tahun dari sekarang,” ujarnya dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Senin (24/4).

Dia mengatakan, kuota per tahun pemberangkatan rata-rata sebanyak 505 orang. Antrean akan makin bertambah mengingat animo masyarakat yang ingin naik haji besar.

“Sehari yang daftar bisa sampai 30 orang. Kebanyakan berusia 40 sampai 60 tahun. Kami layani sehari jadi bila datanya lengkap,” ucapnya.

Adapun data yang harus dilengkapi dan ditunjukkan ke Kementerian Agama Balikpapan adalah KTP, KK, buku nikah, akta kelahiran, bukti setor pertama ke bank untuk daftar haji sebesar Rp 25 juta lebih.

“Kalau data tidak lengkap, tidak kami panggil. Kalau lengkap datanya, kami panggil dan kami beri nomor porsi (nomor antrean berangkat). Lima menit dilayani sudah jadi,” paparnya.

Dia menambahkan, dalam pendaftaran haji harus dilakukan per orang. Tidak boleh diwakilkan karena terdapat proses finger print dan foto biometrik. “Namun, untuk kuota pemberangkatan tahun depan kami belum tahu pastinya berapa. Tunggu keputusan pusat,” tutupnya.

(*/ane/rsh/k16/fab/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!