Donggala Dapat Dana Rp2 M dari Kemendes – Palu Ekspres
Daerah

Donggala Dapat Dana Rp2 M dari Kemendes

 

Untuk Tingkatkan Produktivitas Ekonomi Masyarakat Pinembani
DONGGALA, PE – Kabar gembira buat masyarakat Kecamatan Pinembani, Kabupaten Donggala. Tahun ini bakal mendapat kucuran anggaran sebesar Rp2 miliar dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Dana ini nantinya akan dimanfaatkan untuk peningkatan produktivitas/efektivitas dan efesiensi usaha rumah tangga miskin.
Hal ini disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Donggala Dra Lutfiah Mangun ketika berbincang dengan Palu Ekspres di Banawa, Selasa, 18 Agustus 2015.
Lutfiah yang kala itu didampingi Kasubid Pembangunan Lembaga Ekonomi  Masyarakat Pada Bidang Pembangunan Usaha ekonomi Masyarakat BPMPD Donggala, Moh. Iqbal Paliua mengemukakan infrastruktur yang bisa dibangun dengan menggunakan dana itu hanyalah sarana dan prasarana yang secara langsung berhubungan dengan peningkatan produktivitas/efektivitas dan efisiensi kegiatan usaha rumah tangga miskin sasaran.
Dia mencontohkan, bila anggota atau kelompok akan mengembangkan usaha pertanian maka infrastruktur yang bisa dibangun dengan menggunakan dana Rp2 miliar itu antara lain lantai jemur bersama, tempat pembibitan bersama dan mesin pengolah kompos. “Sementara sarana yang bersifat publik seperti jalan antardusun, jalan antardesa dan jembatan tidak dibenarkan dibangun dengan menggunakan dana tersebut,” jelas Lutfiah.
Terkait penetapan kegiatan yang dibiayai dana ini, Lutfiah mengemukakan kegiatan yang akan dibiayai dana ini akan disusun  oleh masyarakat dan difasilitasi oleh fasilitator kecamatan atau kabupaten.
Pada kesempatan yang sama Moh Iqbal menyampaikan Kamis besok, pihaknya bersama tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Donggala akan menyosialisasikan penggunaan dana tersebut kepada pemerintah desa di Kecamatan Pinembani. Iqbal menyampaikan dalam pelaksanaan program ini Bappeda Donggala berperan sebagai koordinator program sementara BPMPD melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan program.(fal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!