Dirjen Imigrasi: Habib Rizieq Otomatis Dideportasi – Palu Ekspres
Nasional

Dirjen Imigrasi: Habib Rizieq Otomatis Dideportasi

PALU EKSPRES, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi akan otomatis mendeportasi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. Hal itu berkaitan dengan masa visa Sang Imam, yang tak lama lagi bakal habis.

Itu artinya, Habib Rizieq tak punya pilihan lain alias bakal pulang ke Indonesia.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie mengatakan, keberadaan Rizieq di Saudi akan overstay saat masa berlaku visanya habis dan belum juga kembali ke Indonesia. Saat itu posisi Rizieq menjadi ilegal dan akan ditolak oleh imigrasi setempat.

“Pada akhirnya, ia akan dipulangkan oleh Saudi ke Indonesia,” ujar dia di Gedung Kemenkum HAM, Kuningan, Jakarta, Minggu (4/6).

“Yang memiliki visa itu (Saudi) pasti menyadari kalau visanya (Rizieq) habis. Tentu dia akan menjadi ilegal di negara tujuan. Kami tinggal menunggu deportasinya, itu biasanya ada kerja samanya. Jadi nggak perlu dipikirkan kalau soal habis visanya. Pasti akan diserahkan oleh kami melalui duta besar,” beber Ronny.

Dalam kesempatan itu, Ronny juga mengkonfirmasi bahwa visa yang dimiliki Habib Rizieq diberikan oleh negara tujuan melalui dubesnya.

“Jadi nggak ada urusannya (Dirjen) Imigrasi dengan visa tersebut,” tutup dia.

Polisi telah memasukan Habib Rizieq ke daftar pencarian orang (DPO) sejak beberapa pekan lalu. Karena terus mangkir dari panggilan pemeriksaan polisi, baik saat masih berstatus saksi maupun kini telah menjadi tersangka.

(bon/rmol/mam/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top