Diduga Alami Anemia Berat, Begini Efek Mengerikan Penyakit Jupe – Palu Ekspres
Seleb

Diduga Alami Anemia Berat, Begini Efek Mengerikan Penyakit Jupe

PALU EKSPRES, JAKARTA – Setelah tiga tahun berjuang melawan penyakit kanker serviks, artis Julia Perez menghembuskan napas terakhirnya tadi siang (10/6). Sejak divonis pada 2014, Jupe-sapaannya diketahui telah menjalani serangkaian pengobatan hingga ke Singapura.

Sebelum meninggal, kondisi kesehatan Jupe sempat berangsur-angsur membaik, bahkan sempat dinyatakan sembuh total dari kanker. Namun, hal itu tak berlangsung lama. Jupe kembali drop hingga akhirnya dipanggil yang Maha Kuasa.

Menurut Pakar Kesehatan dari Universitas Indonesia, Agung Waluyo, jika tindakan pengobatan kuratif seperti kemoterapi, operasi, dan radioterapi pasien kanker dilakukan dengan tepat, maka prognosis hidup pasien sejatinya cukup baik.

Artinya, kualitas hidup pasien cukup baik bisa bertahan sampai 2-3 tahun. Termasuk pada kasus Jupe.

“Namun banyak kasus pasiennya saat didiagnosa sudah stadium lanjut, tak sadar jika dia terkena kanker serviks. Misalnya terjadi juga pada Jupe,” kata Agung kepada JawaPos.com, Sabtu (10/6).

Lalu mengapa Jupe bisa meninggal begitu cepat? Menurut Agung, ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu.

“Mungkin multifaktor, karena saya pribadi juga tak pegang riwayatnya bagaimana,” ungkap Agung.

Prediksi Agung, almarhumah menglami kegagalan multiorgan. Baik itu gagal hati, gagal ginjal, mungkin sudah dalam kondisi anemia berat. Hal itu juga diakui Jupe sejak awal dia mengumumkan ada kanker di mulut rahimnya. Jupe terus mengalami perdarahan.

“Biasanya disertai perdarahan. CA Serviks itu mengalami perdarahan atau menstruasi berkepanjangan, enggak berhenti-berhenti meski sudah disumpal pakai tampon. Itu bukan berarti darahnya enggak keluar saat disumpal. Karena meski sudah diganti, pas sumpalan itu ditarik, darahnya brol keluar lagi,” jelas Agung.

Kondisi itu menyebabkan Jupe mengalami anemia berat. Hal itu terlihat dari foto jenazah Jupe yang tersebar viral di media sosial dengan kondisi sangat pucat.

“Transfusi darah juga sudah enggak kekejar. Di tahap-tahap awal mungki ada keluarga yang share foto Jupe masih pink wajahnya, tetapi terakhir sudah tidak bisa. Terlihat dari foto jenazah yang begitu pucat,” pungkas Agung.

(cr1/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top