Di Lereng Gunung Pogogul – Palu Ekspres
Opini

Di Lereng Gunung Pogogul

Oleh : Muhd Nur Sangadji

TIGA puluh tahun lalu, saya berkesempatan menyusuri lerang gunung Pogogul. Ini terjadi karena untuk Kuliah Kerja Nyata S1, saya ditempatkan di Kecamatan Momunu Kabupaten Buol-Toli-Toli. Kawasan di mana gunung Popogul ini terletak.

Kala itu, saya telah dengar cerita legendaris tentang gunung ini. Memiliki keeratan “psicososial” yang sangat kental dengan orang Buol. Dia juga dikaitkan dengan asal-usul negeri Buol yang terbentuk dari buih “BWULYA”. Buih ini lama kelamaan mengeras dan menjadi daratan bergunung. Dr. E. L. Godee V. Mols Bergen menyebutnya “Bool”. Dan, dari kata ‘Bwulya’ inilah yang kemudian menjadi Buol.

Kurang lebih sebulan silam, saya jumpa seorang karib yang lama tidak betemu,, Abdullah Mangge. Tenyata, beliau telah menjadi Camat yang wilayah kerjanya mencakup gunung Pogogul. Kami terlibat diskusi panjang tentang apa yang bisa dilakukan untuk “icon” tanah Buol ini.

Saya bilang, kalau dia menjadi “Icon” atau “land mark” yang sarat dengan cerita legendanya. Maka, pahatkan ke pikiran orang, bahwa mereka belum datang ke Buol, bila belum ke gunung Pogogul. Sekarang, bagaimana agar orang tertarik ke sana?

Kebetulan dua hari berselang, saya baru pulang dari Bali dan mengunjungi Gunung Batur di kawasan Kintamani, kabupaten Bangli. Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (istana Dewi Danu).

Sepanjang jalan ke gunung batur ini, kita disuguhi pemandangan agrowisata dengan jeruk bali sebagai poduk hortikulturanya. Ada juga, tempat persinggahan untuk menikmati alam dan suguhan teh dan kopi poduksi lokal.

Di ujung destinasi, kita bersantai menikmati hidangan prasmanan. Di sini kita beristiahat sambil menatap gunung batur yang kokoh di depan mata dengan danau di sebelahnya. Angin dingin pegunungan, menambah unik suasana suguhan alam kintamani.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!