Dewan Kota Desak Tertibkan PKL Tombolotutu – Palu Ekspres
Palu

Dewan Kota Desak Tertibkan PKL Tombolotutu

Bei Arifin. Foto hamdi anwar/pe

PALU EKSPRES, PALU – Keberadaan pasar di Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore Palu hingga kini belum berfungsi. Disaat bersamaan, pedagang kaki lima (PKL) kembali menjamur di sepanjang Jalan Tombolututu.

Situasi demikian disorot Anggota DPRD Palu, Bei Arifin. Menurutnya, Pemkot Palu melalui dinas terkait, harus kembali berupaya memaksimalkan fungsi pasar dengan menertibkan PKL-PKL untuk direlokasi ke dalam pasar.

“Dinas perdagangan bersama Satpol PP harusnya mempreasure hal ini. Kalau perlu turun untuk merazia lagi,”tekan Bei, Kamis 7 Desember 2017.

Dengan begitu hemat Bei, pasar talise akan menjadi pusat perekonomian masyarakat setempat dan pedagang. Karenanya Pemkot tak boleh terus membiarkan PKL berjualan dipinggir jalan sementara telah ada fasilitas memadai yang disediakan.

“Pedagang tidak boleh lagi diberi peluang berjualan dipinggir jalan. Ini harus segera ditertibkan sebelum menyeberang tahun,”sebutnya.

Kendati begitu dia berpendapat, Pemkot juga perlu mendorong sosialisasi untuk perubahan prilaku masyarakat yang cendrung selalu ingin mendapat sesuatu dengan praktis.

“Makanya banyak orang yang membuat laris dagangan PKL. Karena tidak mau berjalan jauh menuju pasar. Mental masyarakat kita ini perlu kita ubah,”ujarnya.

Oleh sebab itu pemangku kepentingan lanjutnya harus mulai menggalakkan sosialisasi-sosialisasi akan pentingnya keberadaan pasar sebagai pusat perekonomian.

“Sehingga nanti lama-lama kelamaan masyarakat kita bisa ikut disiplin,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)‎

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!