Detik-detik Penyelamatan Bocah Terkunci dalam Mobil – Palu Ekspres
Daerah

Detik-detik Penyelamatan Bocah Terkunci dalam Mobil

Tim Basarnas saat berusaha mengeluarkan Dafa dari dalam mobil yang terkunci dalam mobil orang tuanya. (Basarnas for Kaltim Post)

PALU EKSPRES, BALIKPAPAN – Lagi-lagi orang tua mendapat pelajaran penting. Gara-gara kelalaian orang tua, bocah kecil terkunci dalam mobil. Itu terjadi di lokasi wisata di Pantai Segara Sari, Manggar, Balikpapan Timur.

Pada saat para wisatawan asyik menikmati pantai, terdengar suara tangisan di salah satu mobil pengunjung. Ternyata seorang bocah balita bernama Dafa (2,5) meminta tolong. Dia terjebak di dalam mobil orang tuanya.

“Sekira pukul 12.58 Wita, kami menerima laporan dari pengunjung. Melihat ada anak kecil menangis di dalam sebuah mobil yang terparkir. Ternyata anak tersebut terjebak. Tidak bisa keluar lantaran pintu mobil terkunci otomatis,” terang Komandan Search Rescue Unit (SRU) Basarnas Balikpapan, Syaiful Huda, kemarin (29/6).

Huda menjelaskan, upaya pertolongan segera dilakukan. Mengingat kondisi di dalam mobil panas akibat matahari dan kondisi mesin mati. Apalagi tidak ada saluran udara karena kaca mobil tertutup rapat. Dafa yang berada di dalam mobil terlihat berkeringat dan terus menangis.

“Kami upayakan membuka dengan cara mencongkelnya. Karena pada saat kejadian kunci mobil ternyata diambil Dafa dan berada di dalam mobil. Setelah berusaha, akhirnya sekira pukul 13.45 Wita berhasil kami lakukan evakuasi. Dafa kemudian kami serahkan ke petugas medis yang ada untuk dilakukan penanganan,” bebernya.

Kronologis terkuncinya Dafa bermula ketika wisatawan asal Samarinda ini bersama ayah dan ibunya berlibur di Pantai Manggar. Ketika keluar mobil, sang ibu lalai dengan menggantung kunci di pintu mobil. Ibunya yang kemudian beranjak pergi tidak melihat anaknya mengambil kunci tersebut. Setelah kunci dicabut, Dafa ternyata masuk ke mobil dan menutup pintu. Secara otomatis pintu terkunci.

Sementara dari laporan tim SAR yang bertugas di Pantai Manggar, kejadian hingga H+2 Lebaran Idulfitri lebih didominasi anak terpisah dari orang tua. Tercatat, sudah ada sembilan kejadian anak terpisah. Termasuk saat sang orang tua asyik ber-selfie ria. Sedangkan satu pengunjung Rabu (28/6) lalu harus dilarikan ke rumah sakit karena kakinya tersengat ikan pari.

(*/rdh/tom/k15/fab/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top