Dana Kampanye Pilwakot Rp1,2 M – Palu Ekspres
Nasional

Dana Kampanye Pilwakot Rp1,2 M

 

Agussalim: Lebih Kecil Dibanding Estimasi Sebelumnya
PALU,PE- KPU Mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,2 M untuk pengadaan bahan kampanye dan alat peraga kampanye dalam Pilwalkot Desember mendatang.

Komisioner KPU Palu, Divisi logistik, Agussalim Wahid menuturkan anggaran ini lebih kecil dari estimasi sebelumnya. Sebelumnya KPU malah menganggarkan sekitar Rp2 miliar.

“Estimasi awal diperkirakan ada lima pasangan calon yang akan maju bertarung. Namun, dalam perjalanan  hanya empat yang mendaftar dan tiga yang lolos,” terang Agussalim.

Alokasi sebanyak itu untuk pengadaan Alat Peraga Kampanye berupa 15 baliho bagi tiga pasangan calon, kemudian 135 buah spanduk (masing-masing pasangan calon 45 spanduk berdasarkan jumlah kelurahan yang ada) yang dipasang di masing-masing kelurahan dan 80 umbul-umbul yang dipasang di delapan kecamatan yang ada (masing-masing pasangan calon mendapat jatah 10 umbul-umbul per kecamatan).

Sedangkan untuk bahan kampanye berupa selebaran (flyer), brosur (leaflet), pamflet dan poster masing-masing pasangan mendapat jatah sebanyak 113.029 lembar per jenis bahan kampanye.

“Jadi kalau dikalikan dengan empat jenis bahan kampanye yang diwajibkan KPU berarti masing-masing calon mendapat sebanyak 4 ribuan lembar bahan kampanye,” jelasnya.

Total kebutuhan bahan kampanye ini didasarkan pada jumlah total Kepala Keluarga (KK) di Kota Palu berdasarkan data agregat kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu. Jumlah KK di Kota Palu yang terdata di Dukcapil sebanyak 113.029.

Bahan kampanye ini nantinya akan dicetak di Makassar di salah satu perusahaan pemenang tender pencetakan bahan kampanye. Materi bahan kampanye berisi visi misi atau program pasangan calon, logo parpol pengusung dan dimungkinkan juga foto pengurus parpol pengusung pasangan calon.

Alokasi Rp1,2 miliar untuk kampanye bersumber dari APBD yang dialokasikan ke KPU Kota untuk Pilwalkot yang bernilai total  sekitar Rp15,1 miliar. (mrs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!