Dana Desa Belum Masuk ke Kas Pemda Poso – Palu Ekspres
Daerah

Dana Desa Belum Masuk ke Kas Pemda Poso

Ilustrasi google image

PALU EKSPRES, POSO – Anggaran Dana Desa (ADD) Kabupaten Poso untuk tahun anggaran 2017,  dipastikan belum ditransfer dari pemerintah pusat hingga bulan April 2017 ini. Hal itu diakui oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Pemda Poso, Noly Tandawuya.

Ia mengungkapkan, dana desa kemungkinan besar akan ditransfer dari pusat pada Mei 2017.
“Hingga saat ini belum ada masuk Dana Desa di Keuangan Pemda Poso, ya, kemungkinan bulan Mei ini, kita menunggu saja, ya,” ujar Noly, Senin (17/4).

Dana Desa yang bersumber dari anggaran APBN itu, katanya, untuk Kabupaten Poso tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar Rp102.302.764.000 Miliar, dari sebelumnya hanya sebesar Rp87 Miliar.
Adapun proses pencairan Dana Desa berlangsung dua tahap, yakni tahap pertama 60 persen dan tahap terakhir atau tahap ke dua 40 persen.

Sementara untuk dana  Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Poso, juga mengalami kenaikan pada tahun 2017. Sebelumnya, tahun 2016 hanya sebesar Rp68 Miliar, mengalami kenaikan  Rp143 miliar.

Noly menambahkan, untuk dana ADD telah siap dicairkan ke 142 desa yang ada di wilayah Kabupaten Poso, namun menunggu APBdesa dari Desa.
“Kalau dana ADD sudah ada di Kas Daerah saat ini, namun kami masih menunggu APBDes dari seluruh desa,” imbuhnya.

Seluruh perangkat desa di 142 Desa yang tersebar di Kabupaten Poso berharap, dana desa dan ADD tersebut dapat dicairkan dalam waktu dekat. Akibat lambatnya pencairan dana desa tersebut, sejumah perangkat desa mulai menurun aktifitasnya akibat terkendala anggaran.

Selain itu, proses pembangunan di desa tertunda terhadap seluruh program yang telah disepakati di musyawarah desa.

(fer/Palu Ekspres)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!