Dalam Sebulan, Polres Palu Tangkap 13 Tersangka Narkoba – Palu Ekspres
Palu

Dalam Sebulan, Polres Palu Tangkap 13 Tersangka Narkoba

BARANG BUKTI – Kapolres Palu, AKBP Christ R. Pusung, saat memerlihatkan barang bukti penangkapan kasus narkoba, oleh Polres Palu periode April 2017, di Press Room Mapolres Palu, Rabu 3 Mei 2017. foto IMAM/PE

PALU ESKPRES, PALU – Kepolisian Resor (Polres) Palu, merilis hasil penangkapan para pelaku tindak pidana narkoba, oleh Satuan Res Narkoba Polres Palu, sepanjang bulan April 2017, di Press Room Mapolres Palu, Rabu (3/5).

Kapolres Palu, AKBP Christ R. Pusung mengungkapkan, sepanjang bulan April 2017, Sat Res Narkoba Polres Palu, berhasil menangkap 13 orang pelaku tindak pidana narkoba, yang dua di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Para tersangka tersebut, masing-masing AK (25 tahun), MA (20), WF (16/di bawah umur), AS (24), FK (41), AR (26), RM (20), FA (15/di bawah umur), ML (24), AF (20), FR (18), MS (27) dan IR (39).

Ketiga belas tersangka tersebut, ditangkap di 8 tempat kejadian perkara (TKP) berbeda, berdasarkan 8 laporan polisi (LP) yang masuk sepanjang bulan April 2017. Yakni di jalan Kelor Kelurahan Balaroa, jalan Pemuda Kelurahan Besusu Tengah, jalan Cendana Kelurahan Boyaoge, jalan Gajah Mada Kelurahan Siranindi, jalan Anoa Kelurahan Tatura Selatan, jalan Karana Kelurahan Mamboro, jalan Manunggal Kelurahan Tatura Utara dan di jalan Pue Bongo Kelurahan Boyaoge.

Dari ketiga belas tersangka, Polisi berhasil mengumpulkan berbagai jenis barang bukti, di antaranya narkoba jenis sabu seberat 46 gram, 2 unit sepeda motor, 12 buah korek api, 4 buah bong (alat penghisap sabu), 40 buah sedotan, 3 buah timbangan digital, 2 unit ponsel, 14 buah pireks kaca, 664 buah plastic klip kosong, 1 gulungan aluminium foil, dan uang tunai senilai Rp415.000.

“Ada 1 TKP yang menonjol, dengan tersangka atas nama (alias) Ipin. Dia ini yang paling banyak barang buktinya,” sebut Kapolres. Kapolres melanjutkan, para tersangka tersebut, untuk sementara masih berstatus sebagai pemakai.

“Tapi, kalau dilihat dari barang bukti yang ada, besar kemungkinan (ada) yang sebagai pengedar juga, jaringannya mencakup semua, ada anak sekolah, pegawai, mahasiswa, dan lainnya,” imbuhnya.

Para tersangka, lanjut Kapolres, diancam dengan Undang-undang Narkotika. Khusus untuk tersangka di bawah umur, akan masuk pada ranah peradilan anak.

“Dijerat UU Narkotika, kalau untuk tersangka Ipin, gabungan (terkait) curanmor ada dan juga 480 (penadahan-red). Untuk yang di bawah umur, mereka ini sudah putus sekolah, penerapan hukumnya masuk peradilan anak,” jelasnya.

Dengan adanya penangkapan tersebut, Kapolres berharap, agar dapat memberikan efek jera, kepada para pelaku tindak pidana narkotika, khususnya di Kota Palu.

Selain itu, ia juga mengharapkan, peran aktif dari masyarakat Kota Palu, dalam membantu pihak Kepolisian, dalam upaya pemberantasan dan perang terhadap narkoba.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top