Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Cuaca tak Menentu, Waspada Penyakit Ini

0

PALU EKSPRES, MAKASSAR – Kondisi musim yang tidak menentu hampir sebulan belakangan ini menyebabkan penyakit bermunculan. Warga kota diimbauagar waspada terhadap musim yang tak menentu dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kondisi cuaca yang tak menentu ini akan memudahkan timbulnya penyakit menular maupun penyakit musiman lainnya seperti, demam, pilek, diare, mencret dan lain sebagainya. Penyebabnya, karena perubahan cuaca akan menyebabkan lingkungan yang kurang bersih.

Perawat RSU Haji Provinsi Sulsel, Farida, kepada BKM, Senin (25/6), mengatakan, faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Untuk itu warga harus menjaga kebersihan lingkungannya saat cuaca yang tak menentu saat ini.

Karena menurutnya, lingkungan yang kotor merupakan sarana yang baik bagi bakteri sebagai penyebab penyakit untuk berkembang biak, seperti nyamuk, lalat dan lainnya. Biasanya pada musim hujan akan sangat mudah berkembang biak yang dapat menyebarkan penyakit bagi manusia atau orang disekitarnya.

Farida menambahkan, berdasarkan data di Rumah Sakit Haji yang beralamat di Jalan Dg Tata Raya, tercatat sedikitnya ada delapan orang pasien anak anak hingga orang dewasa yang rawat inap akibat terserang diare, mulai Mei hingga Juni tahun ini.

“Banyak penyebab diare, baik itu sampah, kotoran dan kencing tikus yang tercampur air yang tergenang juga rentan menyebarkan bakteri penyebabnya,” ungkap Farida.
Farida mangatakan bakteri dapat melalui pori pori kulit jika terkena genangan air yang telah tercemar apa lagi kalau ada luka.

“Penyakit itu dari kuman, dan itu ada di mana mana, dan bisa masuk ke badan lewat mana saja, tapi paling sering melalui kulit, itu yang paling rentang,” tuturnya.
Adapun total jumlah pasien yang dirawat inap di RS Haji Penprov Sulsel, mencapai 203 orang.

(jun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.