Ciri-ciri Orang Berintegritas Menurut Bibit Samad – Palu Ekspres
Daerah

Ciri-ciri Orang Berintegritas Menurut Bibit Samad

FORUM DISKUSI – Mantan Wakil Ketua KPK, Irjen Pol. (Purn.) Dr. Bibit Samad Rianto (kiri), bersama Guru Besar Hukum Pidana Unhas, Prof. Dr. H.M. Said Karim (kanan), dan moderator drg. Herry Mulyadi (tengah), saat mengisi Forum Diskusi Peningkatan SDM Rumah Sakit, di RSUD Untada, Sabtu 7 Oktober 2017. FOTO IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting, bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan, termasuk di dalamnya adalah manajemen Rumah Sakit (RS).

SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan sebuah perusahaan atau institusi. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

Menurut Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Irjen Pol. (Purn.) Dr. Bibit Samad Rianto, SDM harus setidaknya memiliki dua hal, yakni kompetensi yang sesuai dengan bidang tugasnya, serta integritas. Di antara kompetensi dan integritas tersebut, akan terbangun mental yang kuat.

“Mental adalah bagaimana sikap perilaku kita, dalam menghadapi tantangan tugas. Kita harus mempunyai mental yang kuat, berdasarkan kompetensi dan integritas yang kita miliki,” ujar Bibit, saat menjadi narasumber Diskusi Peningkatan Integritas SDM Rumah Sakit, di RSUD Undata Palu, Sabtu (7/10).

Dijelaskannya, kompetensi dibangun dengan intelejensia (pengetahuan) dan skill (kemampuan) seorang individu. Sedangkan integritas seseorang, dapat dibangun melalui pengembangan kepribadian karakter, yang dinternalisasi dari nilai-nilai moral, kebiasaan dan pengetahuan.

“Pembangunan karakter menjadi penting, mulai dari PAUD, TK hingga Perguruan Tinggi. Bahkan dalam kehidupan pekerjaan sehari-hari, karakter ini harus kita bangun, sehingga dapat membentuk suatu gerakan moral untuk memerangi korupsi,” lanjut Bibit, yang juga Ketua Umum Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK).

Ciri-ciri orang yang memiliki integritas menurut Bibit, adalah yang dapat bekerja dengan baik dan benar walaupun tidak ada yang melihat. Dalam kehidupan sehari-hari, hal ini diwujudkan dalam sikap, perilaku dan budaya.

“Tradisi yang baik, atau tradisi anti korupsi, bisa membentuk budaya antikorupsi, sikap kita juga sikap antikorupsi,” imbuhnya. Menurutnya, kejahatan korupsi dapat timbul karena beberapa faktor, yakni adanya niat, kemudian ada kesempatan, kemampuan berbuat, serta adanya objek yang dikorupsi. Hal ini dapat dicegah, jika SDM yang ada memiliki integritas.

“Negara yang adil makmur tidak akan tercapai, bila masih ada korupsi,” tegas Bibit. Narasumber lainnya, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. H.M.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top