Cegah Frambusia, Sampel Darah Diambil di TK dan Posyandu – Palu Ekspres
Kesehatan

Cegah Frambusia, Sampel Darah Diambil di TK dan Posyandu

Ilustrasi google image

PALU EKSPRES, PARIMO – Puskesmas Parigi melakukan tes kesehatan atau pengambilan sampel darah untuk mencegah penyebaran penyakit Frambusia terhadap anak yang berusia 1 sampai 5 tahun.

Taman Kanak-Kanak Aisyah Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menjadi salah satu sasaran pengambilan sampel darah tersebut.

Kepala Puskesmas (Kapus) Parigi,Yunita Tagunu kepada wartawan mengatakan, pengambilan sampel ini telah dilakukan di beberapa desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Parigi, yakni Desa Olaya, Desa Bambalemo, Desa Ranomaisi, Kelurahan Masigi dan Kelurahan Kampal.

Hasil sampel tesebut kata dia, langsung dibawa ke Dinas Kesehatan.

“Pihak sekolah juga diberikan hasil pemeriksaan sampel darah agar supaya guru dan orangtua murid juga tahu hasil pemeriksaan anaknya positif atau negatif frambusia,’’ ujarnya.

Lanjut Yunita, Posyandu di desa-desa juga sasaran pemeriksaan karena  kalau di tempat seperti itu, jelas anak-anak sudah terkumpul. Sehingga pihaknya tidak kesulitan lagi untuk mengumpulkan masyarakat.
Olehnya itu, pihaknya memilih sasaran yang tepat untuk memudahkan proses pelayanan dan pemeriksaan terhadap Masyarakat.

Ia menambahkan, kegiatan ini sudah berlangsung lima hari. Setiap desa diambil 40 sampel darah dan keseluruhan sampel darah untuk puskesmas Kecamatan Parigi sebanyak 200 sampel.

Untuk diketahui, frambusia dapat menyebabkan gatal- gatal pada kulit dan menimbulkan penyakit seperti lepra, koreng dan lain sebagainya yang diakibatkan karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top