BTN KPR Mikro, Plafon Rp 75 Juta Tenor 10 Tahun – Palu Ekspres
Ekonomi

BTN KPR Mikro, Plafon Rp 75 Juta Tenor 10 Tahun

PALU EKSPRES, SOLO – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memperluas implementasi sistem electronic retribution atau e-retribusi ke Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah.

Dengan sistem itu, petugas tidak perlu menarik retribusi secara manual karena pedagang dapat membayarnya melalui kartu tersebut.

Keuntungannya, pedagang terhindar dari pungutan liar serta minim kebocoran sumber penerimaan pemerintah daerah.

”Sistem e-retribusi mengurangi potensi fraud, aman, cepat, dan mudah. Sebab, pedagang cukup melakukan tapping pada mesin reader di pasar,” ujar Direktur Utama BTN Maryono, Minggu (23/4).

Pasar Klewer memiliki 2.600 pedagang. Pasar itu merupakan pasar ketiga yang menerapkan sistem e-retribusi bersama Bank BTN di Surakarta.

Dua pasar lainnya adalah Pasar Gede dan Pasar Ngudi Rejeki di Gilingan. Kedua pasar memiliki masing-masing 760 dan 236 pedagang.

Selain memudahkan pembayaran retribusi, sistem e-retribusi bisa membuka akses pedagang terhadap layanan perbankan lainnya.

Baik transaksi perbankan maupun pembiayaan. Dengan membuka layanan e-retribusi, jumlah nasabah BTN, dana pihak ketiga (DPK), dan pengucuran kredit akan meningkat.

”Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk memperluas inklusi keuangan,” imbuhnya.

Selain produk dana, BTN akan lebih mudah memasarkan produk pembiayaan yang sesuai dengan kemampuan pedagang. Salah satunya adalah kredit pemilikan rumah (KPR) BTN Mikro. Produk tersebut menawarkan plafon pinjaman KPR Rp 75 juta dengan tenor sepuluh tahun.

”Para pedagang sebagai pekerja di sektor informal bisa memanfaatkan KPR BTN Mikro untuk merenovasi rumah atau membangun tempat usaha,” terang Maryono.

Sebelumnya, BTN menawarkan KPR Mikro kepada rider ojek online dari PT Go-Jek. Syaratnya, rider Go-Jek harus memiliki tabungan di BTN minimal tiga bulan.  Saat ini, bunga KPR Mikro BTN mencapai 0,67 persen per bulan.

(rin/c24/noe)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!