Bom di Bandung, Wiranto Bantah Program Deradikalisasi Gagal – Palu Ekspres
Nasional

Bom di Bandung, Wiranto Bantah Program Deradikalisasi Gagal

BANDUNG, PE – Kota Kembang Bandung dihebohkan karena, adanya bom berdaya ledak rendah yang dilakukan seorang terduga teroris oleh Yayat Cahdiyat.

Lantas apakah program deradikalisasi sebagai upaya pencegahan terjadinya tindakan terorisme telah gagal. Hal iu dibuktikan karena masih adanya teror di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto membantah bahwa program deradikalisasi yang dijalankan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah gagal. “Enggak itu (program deradikalisasi telah gagal),” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/2).

Saat disinggung lebih lanjut mengenai adanya bom di Bandung tersebut, mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) mendadak irit bicara, karena hal tersebut bukan menjadi kewenangannya. “Itu polisi saja. Tanya polisi yang tahu,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan mengaku pihaknya berhasil melumpuhkan pelaku bom panci di Taman Pandawa Kelurahan Arjuna, Cicendo, Bandung, Senin (27/2).

Di mana pelaku diketahui bernama Yayat Cahdiyat, warga Kp Cukanggenteng RT 003/001 Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Pria kelahiran Purwakarta, 24 Juni 1975 itu berprofesi sebagai penjual bubur sumsum. Pelaku melemparkan bom panci ke Taman Pandawa pada Senin (27/2).

Setelah bom meledak, pelaku berlari ke Kantor Kelurahan Arjuna Cicendo untuk bersembunyi. Aparat keamanan pun langsung melakukan pengepungan di Kantor Kelurahan Arjuna. Merasa terdesak, pelaku akhirnya melepaskan tembakan, sehingga terjadi baku tembak antara pelaku dan polisi.

Tak hanya itu, pelaku juga sempat membakar perpustakaan di lantai dua kantor Kelurahan Arjuna. Petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Sekitar dua jam dikepung, pelaku akhirnya berhasil dilumpuhkan. Peluru petugas bersarang di tubuhnya hingga jatuh terkulai.

(cr2/JPG/PE)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!