BKKBN Perkuat Sosialisasi KB Jangka Panjang – Palu Ekspres
Daerah

BKKBN Perkuat Sosialisasi KB Jangka Panjang

Kepala Bidang KB Kesehatan Reproduksi BKKBN Sulteng, Irmawati

PALU EKSPRES, PALU – Kampanye mengenai isu keluarga berencana (KB) dilaksanakan dengan banyak pendekatan. Salahsatunya memperkuat kader dalam menyosialisasikan program-program KB itu sendiri.

BKKBN sabagai leading sector, saat ini mendorong sosialisasi penerapan kontrasepsi jangka pendek dan panjang. Kontrasepsi jangka pendek diantaranya penggunaan PIL, IUD dan implan.

Sedangkan jangka panjang diantaranya tutup kandungan (Tubektomi) dan pemutusan saluran reproduksi pria, (Fasektomi).

Kepala Bidang KB Kesehatan Reproduksi BKKBN Sulteng, Irmawati menjelaskan, untuk memperkuat program KB jangka panjang, pihaknya merekrut kader yang khsusus menyosialisasikan edukasi kepada masyarakat.

“Mereka kami arahkan untuk mengajak masyarakat ikut KB jangka panjang. Biasanya pada ibu yang hendak lahiran,”jelas Irmawati kepada Palu Ekspres.

Program KB jangka panjang itu menurutnya kini menjadi sala hsatu jenis fasilitas bagi peserta BPJS Kesehatan. BKKBN menurutnya hanya membiayai program pergerakan kader tersebut.

“Yang kami intervensi dalam program KB jangka panjang adalah biaya pergerakan kader dan ketersediaan alat kontrasepsi,”jelasnya.

Perekrutan kader pergerakan ini lanjutnya tidak dibebani target berapa orang yang berhasil ikut dalam KB Jangka panjang. Namun setiap tahun, data mengenai masyarakat yang tekah ikut akan dieksposes pada setiap evaluasi program.

“Karena memang kader untuk di daerah kabupaten-kota itu kita serahkan ke masing-masing badan KB setempat,”demikian Irmawati.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top