Besok, CJH Sulteng Kloter 2 Menuju Makkah – Palu Ekspres
Palu

Besok, CJH Sulteng Kloter 2 Menuju Makkah

 

SEBANYAK 354 Calon Jamaah Haji (CJH) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 2 Balikpapan, kemarin, Sabtu 29 Agustus 2015, melakukan pemantapan sebagai persiapan pemberangkatan ke Makkah untuk melangsungkan sejumlah rangakaian ibadah umrah dan haji, Selasa, 2 September 2015 nanti.
Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 pagi waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 14.00 waktu Indonesia. Pemantapan yang diikuti oleh ratusan CJH Kloter 2 tersebut dipimpin langsung oleh Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Ketua Kloter.

“Menurut TPIHI dan ketua kloter, agendanya meliputi bimbingan melakukan ihram, miqat makani dan tawaf umrah, sai dan tahallul,”jelas Tim Kesehatan Haji Indonesi (TKHI) CJH Sulteng Kloter 2, Dr. maria Rosa kepada Palu Ekspres, (29/8/15).

Selain bimbingan ibadah haji, lanjut Dr. Maria Rosa, CJH juga dibimbing untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya selama berada di Arab Saudi oleh TKHI.

“TKHI tetap memberikan Prokes atau Promosi Kesehatan kepada jamaah seperti sitirahat yang cukup, banyak minum air, selalu memakai masker, dan semprotan air untuk wajah. Makan tepat waktu, cuci tangan saat mau makan dan jamaah yang punya obat-obatan untuk penyakit tertentunya, diingatkan agar meminum obatnya,”kata dia.

Adapun, pencegahan agar tidak tertular virus Mers, lanjut Rosa, jamaah juga diimbau agar selalu memakai masker di keramaian untuk penularan melalui cipratan ludah, ingus, dahak an cairan lainnya. Kemudian jamaah juga diingatkan untuk emncuci tangan dengan sabun setelah buang air, menghindari kontak dengan unta dan tidak minum susu untuk dalam kondisi mentah.

“Upayakan bagian badan yang menyentuh hidung, mulut dan kelopak mata bersih dari virus dengan mencucinya dengan sabun, karena ketiga bagian tunuh ini bisa menjadi jalan penularan paling sering dar virus Mers Cov,”jelas dia.

Berdasarkan informasi yang diterima Palu Ekspres, sampai saat ini, aktivitas-aktivitas yang dilalukan CJH Kloter 2 masih di sekitar Kota Madinah Al-Munawwarah saja. Seperti berziarah ke situs-situs bersejarah Islam dan sejumlah tempat wisata.

Dari empat kloter CJH Sulteng, sampai sekarang, baru Kloter 2 yang akan berangkat ke Makkah melangsungkan sejumlah rangkaian ibadah haji dan umrah. Adapun Kloter 3, 4 dan 5 berangkat ke Makkah sesudah Kloter 2.(mg9)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!