Berhati-hatilah Bunda, Rasa Gatal pada Payudara Bisa Indikasikan Kanker – Palu Ekspres
Nasional

Berhati-hatilah Bunda, Rasa Gatal pada Payudara Bisa Indikasikan Kanker

PALU EKSPRES, JAKARTA – Rasa gatal di area payudara adalah hal umum yang disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari hal yang biasa hingga yang memerlukan perhatian khusus.

Sebut saja, kehamilan dan menyusui, menopause, eksim, proriasis, kulit kering, penggunaan detergen pada pakaian dalam, gesekan dengan pakaian dalam atau mandi dalam keadaan tubuh berkeringat adalah beberapa hal yang dapat memicu rasa gatal tersebut.

Namun tahukah Anda bahwa rasa gatal pada payudara juga dapat menjadi tanda dari kondisi serius seperti kanker payudara?

Ya, inflammatory breast cancer (IBC) adalah salah satu bentuk sel kanker agresif ketika sel kanker memasuki kulit dan pembuluh limfa pada payudara.

Berbeda dengan kanker payudara biasa yang dapat dikenali melalui benjolan, IBC dapat dikenali dengan gejala seperti rasa gatal yang intense, ruam atau benjolan akibat gigitan pada payudara.

Ketika gejala di atas tidak menunjukan adanya perbaikan dalam beberapa wakt, terlebih ketika menyebabkan pendarahan, maka jangan tunggu lagi untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter demi memastikan penyebabnya.

Menurut National Center Institie, IBC sendiri adalah penyakit langka yang hanya terjadi pada 1-5 persen dari seluruh jenis kanker payudara yang ada.

(ruf/fajar)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!