Benarkah Daun Sirih Ampuh Bikin Miss V Lebih Sehat? – Palu Ekspres
Kesehatan

Benarkah Daun Sirih Ampuh Bikin Miss V Lebih Sehat?

PALU EKSPRES, JAKARTA – Bagi kaum hawa, sudah menjadi hal umum menggunakan daun sirih untuk membersihkan area intim Miss V. Mulai dari untuk membersihkan, menyelesaikan keluhan keputihan dan gatal, hingga membuat Miss V lebih semriwing alias harum. Namun, benarkah daun sirih baik untuk kesehatan Miss V?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin NMW Skin Care, dr Anggraeni Noviandini, SpKK menjelaskan, daun sirih memang mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri. Namun jika digunakam tak jelas tujuannya atau hanya untuk membersihkan secara teratur, justru dikhawatirkan akan menghilangkan fungsi Miss V sebagai penangkal bakteri.

“Sehingga kalau digunakan tak jelas indikasinya, malah bisa bunuh flora normal di Miss V,” jelasnya, Rabu (6/9).

Ketika flora normal di area Miss V mati, maka yang akan muncul adalah patogen atau bakteri. Keluhan pasien pada area Miss V justru akan lebih berat. “Bisa menyebabkan keputihan dan mengubah pH. Karena itu saya tak sarankan gunakan daun sirih,” jelasnya.

Kecuali penyebab masalah dan keputihan di area Miss V sudah diketahui apa penyebabnya, dan membutuhkan penanganan daun sirih, maka dokter akan menyarankan hal itu. Hal itu harus melalui pemeriksaan laboratorium.

“Kecuali kondisi tertentu sudah diketahui penyebabnya oh ternyata patogennya berlebihan setelah diperiksa laboratorium. Dokter harus bantu kasih sabun pencuci Miss V, atau sabun sirih,” katanya.

Anggraeni menambahkan perempuan jangan mengaplikasikan berbagai macam obat atau jamu-jamuan sembarangan termasuk daun sirih jika ada keluhan di area Miss V sebelum diketahui pasti penyebabnya. Banyak faktor yang bisa memicu masalah pada Miss V.

“Bisa karena fisiologis, hormonal, infeksi, hingga akibat alergi celanna dalam. Karena itu jangan oles-oles apapun sembarangan,” tutur dokter cantik ini.

(ika/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!