Belajar Bahasa Inggris Melalui Komunitas – Palu Ekspres
Pendidikan

Belajar Bahasa Inggris Melalui Komunitas

BELAJAR – Para peserta English Camp TELC bersama English Club SMAN 4 Palu, saat belajar bahasa Inggris di lingkungan sekitar kemah. IST

PALU EKSPRES, PALU – Penggunaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris bagi pelajar, dipandang penting sebagai bekal meningkatkan kualitas pendidikan ke depannya, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, yang paling banyak dipakai di dunia akademik dan juga masyarakat internasional secara umum.

Salah satu cara, untuk mendorong agar para siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa asing, adalah dengan membiasakan penuturan bahasa tersebut, dalam sebuah komunitas.

Hal ini yang menjadi salah satu inti tujuan dari kegiatan Kemah Bahasa Inggris (English Camp), yang digelar salah satu komunitas bahasa Inggris, Tadulako English Lover Community (TELC) bersama English Club SMA Negeri 4 Palu, yang digelar di lokasi perkemahan Oloboju Kabupaten Sigi, 13-15 Oktober 2017.

Dalam kemah tersebut, sebanyak 31 peserta yang merupakan siswa-siswi SMAN 4 Palu, diberikan beberapa materi dasar tentang penguasaan bahasa Inggris. Para peserta juga ditekankan untuk selalu menggunakan bahasa Inggris dalam interaksi mereka selama pelaksanaan kemah.

“Bahasa Inggris mudah dikuasai melalui lingkungan yang mendukung. Dalam suatu komunitas yang di dalamnya menggunakan bahasa Inggris secara intens, akan memudahkan siswa siswi menguasai bahasa Inggris secara pasif maupun aktif. Diharapkan melalui English Camp, para siswa lebih tertarik untuk belajar dan menguasai bahasa Inggris, secara mudah dan menyenangkan,” jelas Pembina English Club SMAN 4 Palu, Heni Oktavianti.

Selain diberikan materi-materi dan diskusi terkait bahasa Inggris, dalam kemah tersebut para peserta juga diberikan berbagai permainan edukatif dan interaktif, sebagai sarana melatih diri dalam penggunaan bahasa Inggris pada berbagai situasi.

“Konsep dalam kemah kami ini, adalah bahwa belajar bahasa Inggris itu tidak harus dalam kondisi yang serba serius, tapi juga dalam kondisi yang menyenangkan. Bahkan, dengan kondisi seperti ini, para siswa dapat lebih mudah memahami bahasa Inggris,” jelas Ketua Divisi Pendidikan TELC Palu, Moh. Alee.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!