Bangunan Kantor KEK Palu Mulai Retak – Palu Ekspres
Nasional

Bangunan Kantor KEK Palu Mulai Retak

MULAI RETAK – Kantor Administrator KEK Palu saat ini belum dilengkapi fasilitas air bersih dan kamar mandi. (foto: HAMDI ANWAR)

Tak Dilengkapi WC, Listrik dan Air

PALU,PE – Konstruksi gedung kantor Administrasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu nampaknya gagal konstruksi. Setidaknya jika melihat langsung kondisi bangunan yang saat ini terlihat mulai mengalami keretakan.

Di lokasi KEK sendiri terdapat tiga bangunan kantor. Satu ditempati Administrator KEK dan dua lainnya sedianya akan ditempati PT Bangun Palu Sulteng (BPS) yang mengelola urusan bisnis dalam kawasan. Namun hingga kini dua bangunan ini belum juga ditempati.

Di gedung kantor Administrator, retak mulai terlihat sisi kiri bagian depan bangunan. Memanjang dari bawah ke atas. Sejumlah ruangan dalam kantor Administrator KEK juga terlihat retak-retak kecil dengan panjang dua hingga tiga meter.

Belum lagi banyak tripleks plafon bangunan yang mulai terkelupas. Sejumlah kamar mandi di kantor itu terlihat belum rampung hingga tak bisa digunakan untuk sekedar buang air. Tak ada sambungan air dikantor itu. Demikian halnya dengan instalasi kelistrikan. Belum semua ruangan teraliri listrik. Bisa dibilang belum memadai untuk ditempati berkantor.

Administrator KEK Palu, Susi Elvira Mastura dikonfirmasi mengenai kondisi kantornya enggan berkomentar banyak. Ditemui di kantornya Selasa 31 Januari, Susi menuturkan tidak tahu menahu soal pekerjaan kantor tersebut. Namun katanya kantor tersebut dikerjakan langsung pemerintah pusat melalui APBN tahun 2015. Setelah rampung barulah ujar Susi kantor itu diserahkan kepada Pemkot Palu.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, sebab saya belum lama di lantik sebagai Administrator. Namun kendati dengan kondisi seperti ini kami kami tetap menjalankan rutinitas sebagai mana mestinya,”jawab Susi kepada wartawan. Susi mengaku tidak mau melihat kebelakang untuk melaksanakan tugas meski dengan kondisi yang minim fasilitas penunjang. Pihaknya ingin fokus pada tugas yang diberikan yaitu menjalankan perangkat penunjang keberlanjutan KEK Palu.

Kepada wartawan, Susi tidak memungkiri bahwa hingga saat ini gedung yang sedianya ditempati PT BPS berkantor memang belum memadai untuk ditempati. “Iya PT BPS belum menempati gedung itu karena belum ditunjang fasilitas air bersih dan listrik yang belum tersedia,”pungkasnya. Informasi yang didapat, pembangunan tiga kantor

KEK itu dikerjakan langsung oleh pihak Kementerian Perindustrian tahun anggaran 2015. Untuk kepastian nilai anggarannya belum ada pihak yang bisa memberi keterangan. Namun diperkirakan proyek itu menelan anggaran hingga miliaran rupiah.

Diperoleh juga informasi, bahwa mengenai pembangunan gedung itu kini telah menjadi materi pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulteng.(mdi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!