Ayo Segera Daftar, Kereta Gratis Mudik Lebaran 2017 Sudah Tersedia – Palu Ekspres
Ekonomi

Ayo Segera Daftar, Kereta Gratis Mudik Lebaran 2017 Sudah Tersedia

JAKARTA, PE – PT Kereta Api Indonesia (Per­sero) kembali membuka fasilitas angkutan motor gratis pada saat Lebaran 2017 dengan meng­gunakan 10 kereta reguler dan tiga kereta tambahan.

Senior Manager Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Ja­karta, Suprapto mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan da­lam menyelenggarakan angku­tan motor gratis untuk mudik Lebaran 2017 yang dibuka pada 16 Februari 2017.

“Pendaftaran 16 Februari sampai 16 April 2017 dengan fasilitas pemesanan tiket KA ekonomi bersubsidi dan non­subsidi,” ujarnya, melalui pesan singkat.

Dikatakannya, masa pen­gangkutan motor gratis tersebut selama enam hari pada arus mudik dari 18–23 Juni 2017. Se­mentara itu, masa pengangkutan arus balik dilakukan selama tujuh hari sejak 29 Juni 2017 – 5 Juli 2017.

Karenanya, pendaftaran pada 17 April 2017 – 5 Juli 2017 tanpa fasilitas pemesanan tiket KA penumpang. Sedangkan, pendaf­taran langsung angkutan motor gratis untuk arus balik pada 16 Mei 2017 – 5 Juli 2017.

“Setidaknya ada dua jalur yang akan dilalui kereta angku­tan motor ini, yaitu jalur lintas utara dan jalur lintas selatan Pulau Jawa,” katanya.

Adapun lintas pelayanan ang­kutan motor gratis tersebut dibagi menjadi tiga, yakni utara, selatan 1, dan selatan 2.

Untuk lintas pelayanan utara meliputi Stasiun Jakartagu­dang–Lemah Abang-Cirebon Prujakan–Tegal–Pekalongan– Semarang Tawang–Ngrombo– Cepu–Bojonegoro–Babat– Sura­baya Pasarturi.

Kemudian, pada lintas selatan 1 meliputi stasiun Jakartagu­dang–Lemah Abang–Cikampek –Purwakarta–Cimahi–Kiar­acondong–Cicalengka–Leles –Cipeundeuy–Tasikmalaya– Banjar–Sidareja–Maos–Kroya– Gombong–Kebumen–Kutoar­jo.

Serta, lintas pelayanan selatan 2 meliputi stasiun Jakartagu­dang–Lemah Abang–Cirebon Prujakan–Purwokerto–Kroya –Kutoarjo–Lempuyangan– Klaten–Purwosari–Madiun – Kertosono–Kediri–Tulung Agung–Blitar.

“Kami menggunakan kereta-kereta penumpang reguler untuk peserta angkutan motor gratis,” katanya.

Yang dimaksud kereta reguler seperti KA Serayu Pagi, Serayu Malam, Brantas, Matarmaja, Kahuripan, Bengawan, Kerta­jaya, dan Kutojaya Utara. Lalu, KA penumpang Kutojaya Sela­tan dan Tawang Jaya.

Untuk kereta tambahan, kata dia, pihaknya akan mengguna­kan KA Kutojaya Utara Tamba­han, Kertajaya Tambahan, dan KA Pasundan Tambahan.

“Semua Peserta Motis 2017 dengan moda KA, harus mendaftarkan diri secara online. Pendaftaran secara online bisa dilakukan di Rumah atau di Stasiun yang ditunjuk,” tandas­nya.

(RMOL/PE)

Click to comment
To Top