Awal Dzulhijjah, Umat Islam Diimbau Perbanyak Ibadah – Palu Ekspres
Daerah

Awal Dzulhijjah, Umat Islam Diimbau Perbanyak Ibadah

PALU EKSPRES, PALU – Jelang Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1438 H, pada sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah, seluruh masyarakat Muslim di Sulteng diimbau untuk dapat meningkatkan ibadah dan memperbanyak sedekah pada sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah.
Ibadah-ibadah tersebut, di antaranya puasa-puasa sunnah utamanya pada 9 Dzulhijjah 1438 (puasa hari Arafah), serta memperbanyak sedekah. Imbauan ini disampaikan Kepala Seksi Penerangan Agama Islam Kanwil Kemenag Sulteng, H. Muh. Ramli.

“Sepuluh hari di bulan Dzulhijjah disunnahkan berpuasa, terutama pada tanggal 9 Dzulhijjah, yakni hari Arafah. Kemudian disunnahkan memperbanyak sedekah dan salat-salat sunnah, dan puncaknya pada 10 Dzulhijjah, mari kita berbondong-bondong menunaikan salat Idul Adha,” imbau Ramli, Kamis (24/8).

Selain itu, Ramli juga mengingatkan kepada seluruh umat Muslim yang akan berkurban, untuk mempersiapkan hewan kurbannya, agar sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan, baik syarat agama maupun kesehatan.

“Kalau dalam agama, syaratnya di antaranya hewan tersebut harus sempurna dalam artian tidak cacat, serta telah memenuhi usia minimal dua tahun,” jelasnya.

Sebelumnya dikabarkan, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1438 H pada Rabu 23 Agustus 2017. Dengan demikian, hari raya Idul Adha 1438 H yang dirayakan pada 10 Dzulhijjah, bertepatan pada Jumat 1 September 2017. Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kemenag RI, pada Selasa (22/8).

Hasil sidang isbat tersebut, merujuk pada hasil pemantauan hilal (bulan baru), di sekitar 70 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Desa Marana Kabupaten Donggala, Provinsi Sulteng.

Dari hasil pemantauan tersebut, sebagaimana diungkapkan Muh. Ramli, sekitar sepuluh titik pemantauan berhasil melihat hilal dengan ketinggian sekitar 7-7,5 derajat di atas ufuk. di antaranya di Pantai Aceh Jaya, Bukit Cermin, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Pusat Observasi Bulan Pelabuhan Ratu, Lembang Bandung dan Anyer.

“Sehingga demikian, dalam sidang isbat Kemenag yang dipimpin oleh Sekjen Kemenag bersama ormas-ormas Islam, menetapkan 1 Dzulhijjah 1438 jatuh pada hari Rabu 23 Agustus 2017, dan 10 Dzulhijjah atau Idul Adha jatuh pada Jumat 1 September 2017. Satu hal yang patut kita syukuri, bahwa tidak ada perbedaan, mengenai penetapan waktu pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini,” sebut Ramli.

Sedangkan hasil pemantauan hilal di Desa Marana oleh tim dari Kanwil Kemenag Sulteng, hilal tidak terlihat akibat terhalang oleh awan mendung.

“Hasil pemantauan di Desa Marana tidak terlihat hilal, karena memang kondisi ufuk barat pada hari pengamatan dalam kondisi mendung,” jelasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!